Salin Artikel

Usai Lebaran, Keterisian Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Palembang Naik Jadi 59 Persen

PALEMBANG, KOMPAS.com - Ruang isolasi pasien Covid-19 yang ada di 18 rumah sakit rujukan Kota Palembang, Sumatera Selatan mulai mengalami lonjakan usai libur Idul Fitri 1442 H. 

Hal itu disampaikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang Ratu Dewa usai melakukan pengecekan ruang isolasi di rumah sakit rujukan.

Hasilnya, Bed Occupancy Rate (BOR) mengalami lonjakan, yang semula 54 persen kini naik menjadi 59,6 persen.

Dewa mengatakan, dengan adanya kenaikan BOR di Palembang mereka akan mengambil langkah dengan menaikan jumlah ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Bari yang semula 20 ruangan menjadi 30 ruangan untuk pasien Covid-19.

"Ini sebagai antisipasi terjadi lonjakan. Kami juga menunggu dari Pemprov untuk penggunaan wisma atlet sebagai tempat isolasi. BOR di Palembang sudah 59,6 persen itu sudah tidak baik,"kata Dewa, Selasa (19/5/2021).

Menurut Dewa, meski pun terjadi lojakan kasus positif namun pasien sembuh Covid-19 juga mengalami peningkatan.

"Peningkatan pasien sembuh perbulan di Palembang lebih dari 20 persen. Meski ada kenaikan, namun diimbangi bertambahnya jumlah angka kesembuhan pasien positif,"ujarnya.

Berdasarkan laporan Satgas Covid-19 Palembang, Senin (18/5/2021) 17 Kecamatan di kota Palembang sudah menjadi zona merah. Sementara, satu kecamatan zona kuning yang berada di Gandus.

Selain itu,total kasus positif Covid-19 sudah mencapai 11.550. Sementara, kasus sembuh mencapai 10.444 dan meninggal sebanyak 517 orang.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menjelaskan, Sumsel saat ini masuk sebagai 19 Provinsi yang berhasil menurunkan angka grafik Covid-19.

Selain itu, angka Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit sudah tidak mengkhawatirkan karena telah berada di bawah 48 persen, setelah wisma atlet Jakabaring kembali dibuka sebagai tempat isolasi.

"Tingkat okupansinya 48 persen dan sudah di bawah 50 persen. Harapan kita angka BOR 30 persen saja, caranya dengan menambah kapasitas tempat tidur pasien,"jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/19/174140278/usai-lebaran-keterisian-ruang-isolasi-pasien-covid-19-di-palembang-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke