Salin Artikel

Masih Ada Wisatawan Luar DIY yang Tak Bawa Surat Bebas Covid-19 Selama Libur Lebaran

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY Noviar Rahmad mengatakan, banyak wisatawan dari luar daerah berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di wilayah itu selama libur Lebaran.

"Belum ada (pelarangan wisatawan masuk) karena ini kesulitannya kan yang melakukan pemantauan putar balik dari dinas pariwisata karena pos-pos retribusi itu dari dinpar yang bertugas," kata Noviar saat dikonfirmasi, Senin (17/5/2021).

Satpol PP DIY yang bertugas di sejumlah destinasi wisata juga menemukan wisatawan dari luar daerah yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19.

"Tidak bisa menunjukkan (surat negatif covid-19) itu belum optimalnya petugas-petugas yang ada di pintu retribusi, yang harus cek terkait dengan surat-surat dan terkait luar DIY tidak boleh masuk dari pintu gerbang. Nah kami dari satlinmas rescue istimewa menjaga di lokasi objeknya," jelas dia.

Selama melakukan penjagaan, pihaknya banyak menemukan wisatawan asal Jawa Tengah yang berkunjung ke wilayah DIY selama libur lebaran 2021.

"Kebanyakan dari Jateng," imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyampaikan selama libur Lebaran wisatawan tercatat pada aplikasi Visiting Jogja.

Wisatawan yang tak menggunakan aplikasi itu akan didata petugas untuk dimasukkan dalam Visiting Jogja.

"Jadi umpamanya dari wisatawan yang tidak menggunakan Visiting Jogja tapi masuk di obyek itu kita data. Oleh pengelola yang input," katanya.


Dari data Visiting Jogja, 93 persen wisatawan berasal dari DIY dan sebanyak tujuh persen berasal dari luar DIY.

"Ada, tapi sebagian kecil, jadi kemarin kita sampaikan pada rapat itu ada 93 persen wisatawan dalam DIY, yang sekitar tujuh persen dari luar DIY," katanya.

Berdasarkan data dari aplikasi tersebut, pada 12 Mei terdapat 763 wisatawan yang berkunjung ke DIY, 3.432 orang pada 13 Mei, dan 20.127 orang pada 14 Mei.

Lalu, 31.566 orang pada 15 Mei dan 37.414 orang pada 16 Mei. Total wisatawan yang berkunjung selama libur Lebaran mencapai 93.364 orang.

Ia juga tidak memungkiri wisatawan dari luar DIY tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19. Namun, pihaknya telah melakukan tes acak di sejumlah tempat seperti Pantai Parangtritis.

"Tapi ada yang lolos, tentu kalau yang lolos ini sebagai syarat perjalanan, itu kan menunjukkan hasil swab antigen. Jadi memang harus menggunakan itu dan kemarin di parangtritis kan ada secara acak, dari 100 wisatawan dites antigen ternyata alhamdulillah negatif semua," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/17/160321878/masih-ada-wisatawan-luar-diy-yang-tak-bawa-surat-bebas-covid-19-selama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke