Salin Artikel

Perahu Berisi 20 Wisatawan Terbalik di Waduk Kedung Ombo, Pengelola Dinilai Melanggar Prokes

Perahu wisata yang mengangkut 20 penumpang itu terguling hingga menyebabkan seluruh penumpang tenggelam.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iskandar Fitriana Sutisna menyebut, 11 orang ditemukan selamat, sementara 9 orang masih dalam proses pencarian.

"Kesembilan orang penumpang tersebut masih dilakukan pencarian oleh jajaran kepolisian Polres Boyolali dan Polda Jateng dan ini masih kita lakukan pencarian korban tersebut," kata Iskandar kepada wartawan, Sabtu.

Iskandar menjelaskan, para wisatawan tersebut melakukan swafoto di atas perahu, sehingga perahu tidak kuat menampung beban muatan.

"Setelah berputar-putar, kemudian mereka melakukan swafoto di atas perahu. Karena perahu tidak kuat, akhirnya perahu tersebut terbalik, semua penumpang tercebur ke dalam air," ucap Iskandar.

Adapun 9 orang yang hilang dan tenggelam yaitu Siti Mukaromah, Wilda, Niken Safitri, Tituk Mulyani, Ana, Zamzam, Jalal, Jalil dan Desti.

Sedangkan 11 orang korban selamat adalah Alya, Mustakim, Suswanti, Laras, Supriyadi, Andre, Khoirunisia, Rifki Edi, Andi, Adi dan Tinuk.

Iskandar mengatakan, setelah insiden tersebut, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi memerintahkan kepada pengelola pariwisata Kedung Ombo untuk menutup lokasi wisata.

Sebab, obyek wisata tersebut dinilai tidak menerapkan protokol kesehatan dan prosedur keselamatan, serta kapasitas pengunjung melebihi kapasitas yang ditentukan.

"Kapolda Jateng perintahkan tutup lokasi wisata Kedung Ombo mulai hari ini juga, karena tidak mematuhi prokes dan melanggar kapasitas pengunjung yang ditentukan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/15/185405878/perahu-berisi-20-wisatawan-terbalik-di-waduk-kedung-ombo-pengelola-dinilai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke