Salin Artikel

13 ABK Asal Filipina Berlayar dari India, Diketahui Positif Covid-19 Saat Berlabuh di Cilacap

Sekretaris Daerah Cilacap Farid Maruf menjelaskan, kapal pengangkut gula rafinasi itu berlayar dari India 14 April 2021 dan tiba di Pelabuhan Cilacap pada 25 April 2021.

"Kemudian dilakukan pemeriksaan kekarantinaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IIA Cilacap. Hasilnya kondisinya tampak bagus, tapi setelah dites cepat antigen terhadap 20 ABK, tiga di antaranya positif," kata Farid kepada wartawan di Cilacap, Jumat (7/5/2021).

Selanjutnya ketiga orang ABK tersebut menjalani swab PCR. Selang satu hari kemudian, hasil laboratorium menunjukkan positif Covid-19.

"Kemudian pada tanggal 30 April 2021 sampai 4 Mei 2021 dilakukan evakuasi ke RSUD Cilacap dan dilakukan pemeriksaan spesimen secara bertahap, didapatkan total 13 ABK terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Farid.

Menurut Farid, selama menunggu hasil swab PCR, seluruh ABK isolasi mandiri di kapal. Namun, sekarang ke-13 orang tersebut telah diisolasi di RSUD Cilacap.

"Salah satu ABK kondisi kurang stabil, sehingga diperlukan pemgawasan lebih intensif," kata Farid.

Lebih lanjut Farid mengatakan, kapal tersebut pada 1-4 Mei sempat beraktivitas bongkar muat di dermaga dengan pengawasan petugas KKP.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pelabuhan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilacap telah melakukan swab test antigen terhadap 49 pekerja bongkar muat dan petugas KKP.

Hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif Covid-19.

"Dengan adanya kasus ini masyarakat tidak perlu panik. Jangan percaya berita-berita hoaks, karena sudah dintangani Dinkes dan RSUD Cilacap," ujar Farid.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/07/202346578/13-abk-asal-filipina-berlayar-dari-india-diketahui-positif-covid-19-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke