Salin Artikel

Saat Presiden Jokowi Berdialog dengan Para Nelayan di Lamongan, Ini Keluh Kesah Mereka

Dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi sempat meninjau Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) yang berada di Kecamatan Brondong, Lamongan, Kamis (6/5/2021).

Jokowi ingin melihat secara langsung, kondisi nelayan dengan adanya pandemi Covid-19.

Termasuk, permasalahan yang saat ini dihadapi oleh para nelayan yang biasa mengais rezeki di perairan Brondong.

"Saya ingin melihat secara langsung keadaan dan situasi nelayan selama pandemi. Tadi sudah disampaikan juga, bahwa kondisi nelayan di sini tidak ada masalah, dan bisa melaut seperti biasanya, normal, dan hasilnya juga normal,” ujar Jokowi di sela agenda kunjungan kerja di Brondong, Lamongan, Kamis.

Berdialog dengan nelayan

Pada acara ini, Presiden Jokowi juga sempat melakukan dialog bersama perwakilan nelayan, untuk mendengarkan dan menampung aspirasi mereka.

Beberapa keluhan yang sempat dilontarkan oleh nelayan, antara lain terkait pendangkalan di sekitar pelabuhan di dua titik. Mereka meminta untuk diadakan pengerukan.

“Saya juga sudah sampaikan, nanti dua tiga bulan akan segera dilakukan pengerukan, termasuk juga lampu haluan akan diperbaiki. Kita harapkan beberapa perbaikan tadi nanti bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan, karena mau berlabuh, mau bongkar, lebih mudah,” kata Jokowi.


Aspirasi nelayan telah disampaikan, akan ditindaklanjuti

Adapun Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan, bila seluruh aspirasi nelayan yang biasa mangkal di perairan Brondong telah disampaikan kepada Presiden Jokowi dan telah disetujui. Selanjutnya, usulan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan.

"Ada empat hal yang disetujui yakni pengerukan di dua titik lokasi, perbaikan lampu mercusuar, dan yang keempat terkait triporteur. Saya dipesan oleh beliau (Presiden Jokowi) untuk menindaklanjuti dengan membuat surat," tutur Yuhronur.

Selain Yuhronur, para pejabat yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini di antaranya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain mengunjungi PPDI, Presiden Jokowi juga sempat melakukan peninjauan pabrik pengolahan produk makanan laut, PT Bumi Menara Internusa (BMI) Lamongan.

PT BMI Lamongan sebelumnya turut serta dalam pelepasan ekspor ke pasar global di tahun 2020, yakni eksportir produk perikanan ke pasar Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, serta Australia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/06/161912278/saat-presiden-jokowi-berdialog-dengan-para-nelayan-di-lamongan-ini-keluh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke