Salin Artikel

Hutan Sakral Baduy yang Dirusak Capai 2 Hektar, Ditemukan Sejumlah Lubang Tambang Emas Liar

Hutan tersebut kini gundul lantaran adanya aktivitas tambang emas liar.

Kepala Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Lebak, Dulhani, mengatakan, total luas area hutan yang dirusak mencapai 2 hektar.

"Mereka merusak segalanya, hutannya gundul sama gurandil (penambang emas liar), kira-kira dua hektar," kata Dulhani kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (22/4/2021).

Di lahan tersebut, kata Dulhani, ditemukan lubang-lubang yang diduga untuk mencari emas di dalam tanah. Ada sejumlah lubang yang ditemukan.

Dari kontur tanahnya, dugaan pembuatan lubang tersebut sudah berlangsung berbulan-bulan. Namun, baru diketahui baru-baru ini lantaran lokasinya cukup jauh dari permukiman penduduk.

"Lokasinya di Gunung Liman, masuk ke wilayah Wewengkon Adat Kasepuhan Cibarani di Kecamatan Cirinten, masih hutan titipan leluhur Baduy," kata Dulahni.

Hutan tersebut selama ini dijaga oleh masyarakat suku Baduy lantaran menjadi sumber aliran sungai-sungai penting di Kabupaten Lebak dan Banten, yakni Sungai Cibarani, Ciliman, Ciujung, dan Cibaso.

Namun, kini hutan tersebut malah dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dulhani menduga pelakunya berasal dari luar Desa Cibarani dan berjumlah beberapa orang.

Sebelumnya, warga Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menangis saat mengetahui hutannya dirusak oleh pelaku penambang emas liar.

Melalui potongan video, seorang warga Baduy meminta tolong ke pemerintah untuk ikut serta menjaga hutan titipan yang disakralkan oleh masyarakat adat suku Baduy.

Potongan video tersebut beredar luas dan viral di media sosial.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/22/213459478/hutan-sakral-baduy-yang-dirusak-capai-2-hektar-ditemukan-sejumlah-lubang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke