Salin Artikel

Kota Tasikmalaya Siapkan 22 Titik Penyekatan untuk Halau Pemudik Luar Daerah

Ketentuan tersebut sesuai dengan instruksi pemerintah pusat yang melarang aktifitas mudik pada momen Lebaran kedua di masa pandemi corona.

"Ketentuan dari pusat sampai ke daerah, kita ikuti. Jangan ada yang mudik dari luar daerah ke tempat kita. Karena kita juga mengkhawatirkan. Mereka mudik, Covid-19 masih ada. Di kita ada 22 penyekatan. Jadi menghalau mereka yang mudik," jelas Yusuf kepada Kompas.com di Tasikmalaya, Rabu (21/4/2021).

Yusuf berharap dengan kegiatan penyekatan ini akan mencegah munculnya klaster baru karena adanya gelombang kedatangan orang dari luar daerah yang rawan penyebaran Covid-19.

Jika sampai nantinya diketahui ada yang datang pemudik dari luar daerah akan diminta surat keterangan hasil swab dari tempat asalnya.

"Jika tidak bisa menunjukkan hasil swab, kita akan persilahkan kembali ke tempat daerah asal," tambah Yusuf.

Apabila sebelum tanggal diberlakukan larangan mudik, lanjut Yusuf, pihaknya tak akan menyarankan tapi asalkan menjalankan protokol kesehatan.

Namun, pihaknya menginformasikan jika akan datang ke Kota Tasikmalaya untuk membawa hasil tes negatif swab karena jika tidak akan diminta kembali lagi.

"Daripada nanti sudah sampai ke Kota Tasikmalaya malah disuruh pulang lagi, dari awal persiapkan has tes negatif swab-nya. Itu mah tidak kita sarankan. Yang jelas tanggal 6-17 ada penyekatan. Pokoknya tidak boleh agar semua terjaga kesehatannya. Antarkota, silakan kan banyak jalan. Asal tetap jaga prokes," ujar dia.

Yusuf tak berharap muncul klaster baru sehingga akan optimal dalam penyekatan nantinya.

Apalagi, saat ini kondisi penyebaran corona di Tasikmalaya sudah landai dan tak ada lagi penambahan kasusnya.

"Kita tak berharap ada klaster baru. Ikuti saja saran pemerintah. Jangan mudik. Kalau nanti ada yang sampai, mereka harus perlihatkan hasil uji swab atau dokumennya. Kalau tidak ada, kita pulangkan ke tempat asalnya," pungkasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/21/204720278/kota-tasikmalaya-siapkan-22-titik-penyekatan-untuk-halau-pemudik-luar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke