Salin Artikel

Dimulai November 2022, Siaran Televisi Analog Bermigrasi ke Digital

Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja memberikan tenggat waktu 2 November 2022 sebagai batas akhir digunakannya modulasi siaran analog.

"Jadi kalau kita hitung dari sekarang maka kurang lebih ada 1,5 tahun. Ini waktu yang sebenarnya singkat untuk perpindahan televisi dari analog ke digital," kata Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Supriyo di Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/3/2021).

Agung mengatakan puncak peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-88 yang diselenggarakan di Solo pada Kamis (1/4/2021) sebagai momentum agar masyarakat mengetahui tentang perpindahan siaran televisi analog ke digital.

Perpindahan teknologi modulasi penyiaran ini dapat mengefisiensi penggunaan frekuensi penyiaran, sehingga memungkinkan optimalisasi frekuensi untuk telekomunikasi melalui pemanfaatan digital deviden.

"Televisi itu kan menggunakan frekuensi. Satu frekuensi satu televisi. Maka kalau tidak berlangganan tidak akan jernih banyak noise-nya. Kecuali kita berlangganan televisi kabel tiap bupan berbayar baru jernih," terang dia.

"Sementara kalau kita perpindah ke siaran televisi digital tanpa kita berlangganan pun televisi sudah bisa dilihat dengan jernih tidak ada noise," sambung dia.

Perpindahan siaran televisi dari analog ke digital juga memberikan keuntungan besar. Televisi baru akan bermunculan karena frekuensinya banyak.


"Televisi-televisi baru akan banyak bermunculan. Termasuk di Jawa Tengah. Khususnya lagi di Surakarta ini akan banyak. Jadi, investasi untuk siaran televisi akan semakin meningkat," terangnya.

Selain itu, terang Agung sisa frekuensi karena migrasi dari siaran televisi analog ke digital bisa dimanfaatkan untuk pemasangan jaringan internet.

"Sisanya lagi (frekuensi) bisa digunakan untuk internet. Internet itu bisa 5G kalau televisi sudah bermigrasi ke digital," kata Agung.

Guna mendukung migrasi televisi analog ke digital dibutuhkan kolaborasi dan sinergi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk menggaungkan digitalisasi penyiaran dengan lebih masif.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/30/124145778/dimulai-november-2022-siaran-televisi-analog-bermigrasi-ke-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke