Salin Artikel

Kasus Covid-19 Tak Kunjung Mereda, Gubernur Kaltim Perpanjang PPKM Mikro

SAMARINDA, KOMPAS.com -  Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di wilayahnya.

Sebelumnya, penerapan PPKM mikro dimulai sejak 9 Maret sampai 22 Maret 2021. Kemudian diperpanjang dari 23 Maret sampai 5 April 2021 mendatang.

Isran mengatakan, perpanjangan PPKM mikro tersebut tak lepas dari penurunan kasus positif yang belum signifikan.

Oleh karena itu, perpanjangan PPKM mikro ini diharap bisa menekan angka Covid-19 lebih rendah lagi.

“Iya kita perpanjang. Diperpanjang beberapa minggu ke depan,” kata Isran saat ditemui di kantor Gubernur Kaltim, Senin (29/3/2021).

Isran berharap, lewat PPKM mikro kepada kepala daerah bisa mengoptimalkan posko penanganan Covid 19 di tingkat desa dan kelurahan.

Sebagai informasi, perpanjangan PPKM Mikro diatur dalam instruksi Gubernur Kaltim nomor 4/2021 tentang pemberlakukan PPKM Mikro.

Instruksi tersebut ditujukan kepada seluruh bupati dan wali kota, camat dan kepala desa serta lurah se-Kaltim. 

Instruksi memuat tujuh poin, di antaranya, meminta penerapan PPKM Mikro sampai tingkat RT. Kemudian, optimalisasi fungsi posko tingkat desa dan kelurahan.

Selanjutnya, kepala daerah juga diminta mengintensifkan operasi yustisi dan disiplin protokol Covid-19, menghindari kerumuman serta mengurangi mobilitas.

“Intinya Pak Gubernur meminta bupati dan wali kota, camat, lurah dan para kepala desa se-Kaltim, memperkuat testing, tracing dan treatment di lingkungan masing-masing,” tambah Kepala Biro Humas Setprov Kaltim, HM Syafranuddin saat dikonfirmasi terpisah.

Oleh karena itu, pria yang disapa Ivan ini meminta agar para kepala daerah dan masyarakat bisa melaksanakan secara sungguh-sungguh di masing-masing daerah.

Diketahui, kasus Covid-19 di Kaltim hingga Senin (29/3/2021) sebanyak 63.217 kasus, 58.835 kasus di antara sudah sembuh, 2.887 kasus masih menjalani perawatan dan 1.495 meninggal dunia.

Menurut laporan tim Satgas Covid-19 Kaltim, peningkatan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir masih di atas 100 sampai 300 kasus positif per hari.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/29/213221678/kasus-covid-19-tak-kunjung-mereda-gubernur-kaltim-perpanjang-ppkm-mikro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke