Salin Artikel

Gubernur NTT Lantik 4 Penjabat Bupati, Berikut Rinciannya...

Empat orang yang dilantik yakni Viktor Manek sebagai Penjabat Bupati Malaka, Zakarias Moruk sebagai Penjabat Bupati Belu, Cosmas Lana sebagai Penjabat Bupati Sumba Barat, dan Doris Rihi sebagai Penjabat Bupati Sabu Raijua.

Acara pelantikan itu digelar di lokasi peternakan Besipae, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Sabtu (27/3/2021) pagi.

"Empat penjabat Bupati itu dilantik pagi tadi pukul 08.00 Wita oleh Bapak Gubernur NTT," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Ardu Jelamu kepada Kompas.com Sabtu siang.

Setelah dilantik, lanjut Marius, empat penjabat bupati itu akan mengelola pemerintah daerah, sambil menunggu pelantikan bupati definitif.

Menurut Marius, untuk pelantikan bupati definitif dijadwalkan akan berlangsung pada 26 April 2021.

Namun, kata Marius, pelantikan bupati definitif hanya di tiga kabupaten yakni Malaka, Belu, dan Sumba Timur, karena sudah ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi soal gugatan calon bupati yang kalah.

Sedangkan Sabu Raijua, gugatan sengketa pilkada masih bergulir di Mahkamah Konstitusi.

Marius menyebutkan, baru-baru ini Menteri Hukum dan HAM telah mengumumkan status bupati terpilih Orient Riwu Kore yang memiliki dua paspor yakni Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Paspor AS milik Orient berlaku sampai 2027, sementara paspor Indonesia Orient berakhir pada 2024.

"Pemimpin publik itu harus warga Negara Indonesia sehingga khusus untuk Sabu Raijua, masih belum ada kepastian, sehingga penjabat bupatinya akan berlangsung lama," kata Marius.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/28/064454978/gubernur-ntt-lantik-4-penjabat-bupati-berikut-rinciannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke