Salin Artikel

Kabupaten Cianjur Jadi Proyek Percontohan Desa Bersih Narkoba

Desa Bersinar yang dijadikan percontohan adalah Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet, Cianjur.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, untuk mewujudkan desa bersih dari narkoba harus melibatkan semua pihak dan berbagai hal, termasuk pemanfaatan dana desa.

“Bicara tentang desa bersih dari narkoba ini menjadi tanggung jawab kita semua, mulai pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan masyarakat sendiri,” kata Abdul kepada wartawan di Pendopo bupati Cianjur sebelum meninjau Desa Cipendawa sebagai lokasi percontohan Desa Bersinar, Selasa (23/3/2021).

Menurut Abdul, program Desa Bersinar yang diawali dari Cianjur ini selanjutnya akan dikembangkan di daerah lain, agar seluruh desa memiliki daya tahan dan daya tangkal terhadap peredaran narkoba di wilayahnya masing-masing.

“Urusan narkoba ini sangat rumit dan berkesinambungan. Semakin hari bukan semakin ringan tantangan yang dihadapi, namun semakin berat,” ucap Abdul.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose mengatakan, BNN mencanangkan program war on drugs menuju Indonesia bersih dari narkoba.

“Bagaimana untuk mewujudkan Indonesia Bersinar ini, kita mulai dari desa. Desa bergerak, Indonesa bersih narkoba,” kata Petrus.

Petrus mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDTT dan Pemkab Cianjur yang mendukung dan membantu program ini, sehingga kawasan desa diharapkan terbebas dari narkoba.

“Permasalahan nasional salah satunya adalah narkotika, karena dampaknya dan juga banyaknya bahan atau zat yang baru atau biasa disebut new psychoactive substances, termasuk tingkat prevalensi yang naik dalam dua tahun terakhir ini,” kata Petrus.

Petrus berharap, melalui program Desa Bersinar, program BNN untuk menyelamatkan generasi muda dari penggunaan narkoba bisa benar-benar terwujud.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/23/185921178/kabupaten-cianjur-jadi-proyek-percontohan-desa-bersih-narkoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke