Salin Artikel

Pembelajaran Tatap Muka di Banyumas Dimulai Bertahap, Tunggu Vaksinasi Covid-19 untuk Guru Selesai

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan dimulai secara bertahap setelah vaksinasi Covid-19 terhadap para guru selesai dilakukan.

"Kami sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) agar guru segera divaksin," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas Leonalto Adisasmito di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (23/3/2021).

Leonalto mengatakan, saat ini sebagian guru di sekolah yang siap menggelar PTM telah divaksin. Diharapkan dalam waktu dekat ini dapat segera selesai.

Menurut Leonalto, pada tahap awal ini PTM akan dilaksanakan di empat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tiga Sekolah Dasar (SD) dan tiga pendidikan kesetaraan.

Rinciannya yaitu, SMP 9 Purwokerto, SMP 6 Purwokerto, SMP 1 Wangon, dan SMP 1 Sumpiuh.

Kemudian SD N Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, SD N Panembangan, Kecamatan Cilongokbdan SDN Kedunggede, Kecamatan Banyumas.

Adapun pendidikan keseteraan yaitu di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwokerto, Ajibarang dan Kalibagor.

"Kalau ini sukses nanti akan dilaksanakan di sekolah lain yang sudah siap menggelar PTM," ujar Leonalto.

Lebih lanjut Leonalto mengatakan, sekolah yang akan menggelar PTM di masa pandemi Covid-19 harus memenuhi sejumlah syarat.

"Pertama kesiapan sekolah untuk menyediakan infrastruktur kesehatan, seperti tempat cuxi tangan, hand sanitizer dan SOP protokol kesehatan," jelas Leonalto.

Kedua, seluruh guru harus sudah divaksin Covid-19.

"Ketiga, kapasitas siswa di dalam kelas tidak boleh terlalu banyak, maksimal 50 persen. Waktu pembelajaran juga tidak boleh dari 4 jam sesuai instruksi saat rakor dengan provinsi," kata Leonalto.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/23/124643678/pembelajaran-tatap-muka-di-banyumas-dimulai-bertahap-tunggu-vaksinasi-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke