Salin Artikel

Khofifah: Vaksinasi Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

BLITAR, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat pertama dalam hal realisasi program vaksinasi Covid-19.

"Kita itu tertinggi lho teman-teman. Vaksinasi Jawa Timur itu tertinggi se-Indonesia," ujar Khofifah, kepada wartawan di Blitar, Jawa Timur, Rabu (3/3/2021).

Khofifah ada di Kabupaten Blitar guna menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar dengan agenda serah terima jabatan Bupati Blitar.

Merujuk data vaksinasi Kementrian Kesehatan RI per 2 Maret 2021, capaian vaksinasi di Jatim sebanyak 510.027 orang.

Empat provinsi dengan capaian vaksinasi di bawah Jatim, berturut-turut adalah Jawa Tengah 435.059 orang, Jawa Barat 300.410 orang, DKI Jakarta 251.179, dan Sumatera Utara 103.578 orang.

Khofifah menuturkan, pemerintah daerah tidak dapat menetapkan target realisasi program vaksinasi karena jumlah vaksin yang diterima daerah di setiap tahapannya sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. 

"Lha, sekarang bukan soal target, tapi kapan vaksin datang (segera) distribusi, datang (segera) distribusi. Itu yang bisa kami lakukan," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, yang bisa dilakukan Pemerintah Provinsi Jatim dalam program vaksinasi adalah segera mendistribusikan kiriman vaksin dari pusat kepada pemerintah kabupaten dan kota yang ada.


Khofifah juga menampik pernyataan bahwa stok vaksin untuk keperluan vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur menipis.

Menurut Khofifah, jumlah vaksin yang akan digunakan di setiap kabupaten dan kota di Jawa Timur sudah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Karenanya, lanjut Khofifah, tidak bisa pemerintahan di tingkat provinsi maupun kabupaten-kota berbicara target ataupun stok.

"Tidak ada bilang stok itu. Gini, vaksinasi itu kami sudah mendapatkan secara given dari pusat, jadi pusat itu membagi kabupaten-kota ini berapa vial," ujar dia, sembari menjelaskan bahwa satu vial berisi 10 dosis.

Dia menambahkan, yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah juga memastikan bahwa interval waktu antara dosis pertama dan kedua diberikan tepat waktu.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, hingga Selasa (2/3/2021), terdapat 528 kasus konfirmasi sembuh dan 412 konfirmasi positif baru dengan jumlah pasien dirawat 3.340 orang dari total kumulatif 130.212 orang (2.56%).

Angka kesembuhan di Provinsi Jawa Timur sebesar 90.39% (117.693 orang) dan angka kematian sebesar 7.05% (9.179 orang). 

https://regional.kompas.com/read/2021/03/03/163859078/khofifah-vaksinasi-jawa-timur-tertinggi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke