Salin Artikel

"Menjadi Wali Kota Melayani Masyarakat, Jadi Tukang Las Juga Melayani Masyarakat"

KOMPAS.com - Setelah tidak lagi menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo (61), kembali melakoni pekerjaannya sebagai tukang las.

Kata Rudy, sapaan akrabnya, pekerjaan sebagai tukang las dengan menjadi Wali Kota Solo sama-sama melayani masyarakat.

"Menjadi wali kota melayani masyarakat. Saya jadi tukang las juga melayani masyarakat. Artinya, jangan sampai wali kota itu merasa berkuasa. Namun, lebih kepada pelayan masyarakat," kata Rudy, sapaan akrabnya, saat ditemui di bengkel las Kecamatan Pucangsawit, Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/2/2021).

"Setelah selesai melayani masyarakat di rumah besar Pemkot Solo, saya akan melayani masyarakat di bengkel ini. Rumahnya jadi bengkel," sambungnya.

Pekerjaan sebagai tukang las sebenarnya sudah lama dilakoni Rudy.

Namun, karena menjabat sebagai Wali Kota Solo, pekerjaan itu pun terpaksa ia ditinggalkan demi untuk melayani masyarakat.


Setelah dirinya purnatugas, ia pun kembali kepekerjaannya sebagai tukang las.

"Saya selalu menyampaikan bahwa urip kuwi urup. Artinya, hidup itu harus bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain," ujarnya.

Kata Rudy, jasa pengelasan tidak akan pernah mati dan tetap dibutuhkan meski ada pekembangan teknologi.

"Biarpun era digital pekerjaan manual masih tetap dibutuhkan. Jangan dipandang sebelah mata tukang las itu. Tanpa ada tukang las konstruksi tidak akan bisa jalan," ujar suami Elisabeth Endang Prasetyaningsih ini.

Mengelas, kata Rudy, sudah menjadi hobinya yang sudah ia tekuni sejak tahun 1987, ia pun tidak ingin apa yang dilakukan disebut sebagai pencitraan sebab dari dulu ia menyukai mekanik.

"Sehingga, kalau ada yang menyampaikan itu pencitraan, lha saya butuh apa? Saya tidak butuh apa-apa. Saya butuhnya ilmu yang saya miliki bisa bermanfaat lagi," ungkapnya.

 

(Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor : Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/20/06410051/-menjadi-wali-kota-melayani-masyarakat-jadi-tukang-las-juga-melayani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke