Salin Artikel

Terduga Teroris yang Tewas Tertembak di Makassar Diduga Hendak Lakukan Bom Bunuh Diri

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua terduga teroris inisial MR dan AS yang tewas tertembak diduga hendak melakukan aksi bom bunuh diri sebelum ditangkap di kediamannya di Villa Mutiara Biru, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021).

Analis Bidang Intelijen Densus 88 Brigjen Pol Ibnu Suhendra mengatakan, kedua pria yang memiliki hubungan mertua dan menantu itu memiliki niat untuk melakukan pengeboman. 

Namun mereka belum sempat menentukan lokasi aksi bom bunuh diri mereka. 

"Untuk target atau sasaran mereka belum kita temukan. Namun niat mereka untuk melakukan bom bunuh diri, itu yang berhasil dicegah," ujar Ibnu saat konferensi pers di Mapolda Sulsel, Kamis (7/1/2021).

Sebelumnya, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menyebut untuk mempersiapkan rencana mereka, terduga teroris itu rutin melatih fisik mereka dengan cara melakukan latihan tembak sejak Oktober 2020. 

Mereka juga rutin mendaki gunung untuk menyiapkan fisik mereka. 

"Dari pergerakan dapat diketahui bahwa kelompok ini sudah melakukan persiapan baik fisik maupun kemampuan dengan melaksanakan idad," ucap Merdisyam. 

Sebelumnya diberitakan dua orang yang diduga teroris tewas saat ditangkap tim gabungan Densus 88 Mabes Polri bersama tim gegana Polda Sulsel dan aparat Polrestabes Makassar di Jalan Boulevard, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (6/1/2021) pagi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan dua terduga teroris tersebut merupakan jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berinisial MR dan SA.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/07/15460031/terduga-teroris-yang-tewas-tertembak-di-makassar-diduga-hendak-lakukan-bom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke