Salin Artikel

Malioboro Tetap Dibuka Saat Malam Tahun Baru, DPRD DIY: RS Hampir Penuh, Kalau Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Dirawat di Balai Kota Saja..

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Huda Tri Yudiana mengaku ragu dengan langkah yang diambil oleh Pemkot Yogyakarta.

Pasalnya saat ini penambahan jumlah kasus harian Covid-19 semakin tinggi di DIY.

“Saat ini kasus harian Covid-19 di DIY sudah sangat tinggi, kasus meninggal juga sudah sangat tinggi,” kata Huda melalui keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Huda menyampaikan separuh dari belasan ribu konfirmasi positif terjadi dalam dua bulan terakhir. Khususnya pada bulan Desember.

“Khususnya akhir Desember ini luar biasa peningkatannya. Rata rata dua ratus lebih, bahkan kemarin sudah hampir tembus 300,” ungkap Huda.

Kabupaten lain tutup tempat wisata, kenapa Jogja tidak?

Huda mengatakan seharusnya kawasan Malioboro, Tugu Pal Putih Titik Nol juga dilakukan penutupan seperti yang dilakukan oleh kabupaten lain yang menutup tempat wisata dengan maksimal jam kunjung pukul 18.00.

“Saya sangat mengapresiasi rekan rekan bupati yang menutup tempat wisata di malam tahun baru agar mengurangi kerumunan dan risiko tinggi. Semestinya malioboro dan tugu juga ditutup sebagaimana kesepakatan bersama dalam rapat di Polda DIY,” kata Huda.

Ragu Pemkot bisa atasi kerumunan malam Tahun Baru

Pihaknya meragukan Pemkot Yogyakarta dapat mengatasi kerumunan yang terjadi di tiga kawasan tersebut saat malam tahun baru.

“Saya tidak yakin Pemkot bisa mengendalikan kerumunan saat malam tahun baru, sebagaimana liburan kemarin yang akibatnya kita rasakan saat ini,” ucapnya.

RS rujukan hampir penuh

Ditambah lagi menurut Huda sekarang ini rumah sakit di DIY sudah hampir penuh.

Banyak warga yang terpapar Covid membutuhkan perawatan.

“Mungkin nanti kalau ada lonjakan kasus perlu buat shelter perawatan di halaman Balaikota Yogyakarta, sepertinya masih cukup luas,” tandasnya.


Ambigu surat edaran Sekda DIY

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DIY telah mengeluarkan Surat Sekda DIY dengan nomor 443/03734.

Di dalamnya tertuang terkait aturan penutupan objek wisata di kabupaten pada pukul 18.00 saat malam pergantian tahun.

"Jadi nanti akan ada pembatasan misalnya di obyek wisata malam tahun baru itu di beberapa wisata di Kabupaten Sleman, Gunungkidul kemudian Bantul dan Kulon Progo akan dibatasi masuk paling malam jam 18.00 WIB. Jadi tidak sampai malam," kata Aji kepada wartawan, Rabu (30/12/2020) lalu.

Sementara itu untuk Kota Yogyakarta, Aji menyerahkan kepada Pemkot Yogyakarta lantaran kota ini sifatnya kompleks.

"Kota karena sifatnya kompleks maka itu diatur sendiri oleh kota (Pemkot)," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/31/13194731/malioboro-tetap-dibuka-saat-malam-tahun-baru-dprd-diy-rs-hampir-penuh-kalau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke