Salin Artikel

Sumbar Siaga Karhutla, Sepanjang 2020 Ditemukan 6 Titik Panas

Sejak awal tahun hingga September 2020 telah ditemukan 6 titik panas di empat daerah yaitu Sijunjung, Dharmasraya, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

"Kita terus siaga karhutla. Sampai September sudah ada 6 titik panas. Ini yang perlu diwaspadai," kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi Usama Putra kepada Kompas.com, Jumat (9/10/2020) usai apel siaga karhutla di Padang Pariaman.

Yozarwardi mengatakan pihaknya lebih baik mencegah terjadinya karhutla daripada memadamkan api setelah terjadinya karhutla.

Tindakan pencegahan, kata Yozarwardi, intensif dilakukan kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak melakukan pembakaran hutan.

"Kita lebih baik mencegah daripada mengatasinya setelah terjadi karhutla. Makanya kita intensifkan sosialisasi," jelas Yozarwardi.

Menurut Yozarwardi, pihaknya telah membentuk satuan petugas karhutla yang bukan saja bertugas memadamkan api, namun juga melakukan sosialisasi.

"Di daerah-daerah ada Masyarakat Peduli Api, brikade karhutla hingga satgas karhutla. Ada sekitar 700 personil yang bertugas," kata Yozarwardi.


Menurut Yozarwardi, karhutla hampir setiap tahun terjadi. Untuk itulah, pihaknya selalu siaga.

Tahun lalu, tercatat 309 hektar kawasan hutan dan areal penggunaan lain (APL) terbakar di Sumbar dalam periode Januari hingga September 2019.

Jumlah itu sangat jauh dibandingkan provinsi tetangga seperti Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan lainnya.

Yozarwardi menyebutkan, berdasarkan data dari aplikasi pendeteksi kebakaran hutan, Sipongi dalam periode tahun itu tercatat karhutla terbesar ada di Riau yang mencapai 49.226 hektar.

Kemudian, Sumatera Selatan 11.826 hektar, Jambi 10.020 hektar, Lampung 2.913 hektar, Sumut 1.775 hektar, Bangka Belitung 1.495 hektar, dan Aceh 606 hektar.

"Secara nasional dari Januari hingga September 2019 lalu ada total 328.722 hektare karhutla. Jadi, Sumbar tidak sampai 0,1 persen dari total itu," kata Yozarwardi.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/09/12093361/sumbar-siaga-karhutla-sepanjang-2020-ditemukan-6-titik-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke