Salin Artikel

Calon Petahana Resmi Lawan Kotak Kosong di Pilkada Kota Semarang

Pasangan calon petahana tersebut dipastikan bakal melawan kotak kosong pada kontestasi Pilkada 2020 setelah tidak ada kandidat lain yang mendaftar selama masa perpanjangan pendaftaran.

Setelah perpanjangan pendaftaran tersebut ditutup, keduanya telah menjalani pemeriksaan kesehatan pada 14-15 September 2020 di RSUD Kariadi Semarang.

Paslon yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini dinyatakan telah memenuhi persyaratan pencalonan sebagai kepala daerah.

Dengan demikian, Hendi-Ita akan melanjutkan ke tahapan pengundian tata letak pada surat suara yang akan dilaksanakan pada 24 September.

"Besok paslon akan diberikan kesempatan untuk mengikuti proses pengundian nanti di surat suaranya posisi letak akan ada di posisi kanan atau kiri. Bahasanya itu adalah kolom kosong," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom usai penetapan paslon di Hotel Patrajasa Semarang.

Setelah itu, dilanjutkan dengan hari pertama kampanye paslon pada 26 September 2020.

"Hari pertama kampanye kami akan melaksanakan deklarasi kampanye damai sekaligus penandatanganan pakta integritas kepada seluruh pihak yang mengikuti kampanye agar mentaati protokol kesehatan," ucapnya.

Pantauan di lokasi saat tahapan penetapan paslon berlangsung tidak tampak kerumunan massa pendukung pasangan Hendi-Ita yang hadir.

Sebelumnya, pada masa pendaftaran paslon dihadiri oleh ratusan pendukung dan simpatisannya.


Kali ini, Hendi-Ita hanya didampingi oleh fraksi DPRD Kota Semarang dan perwakilan seluruh partai pendukung dan pengusungnya.

"Kami terima kasih kepada KPU Kota Semarang. Hari ini kami sudah ditetapkan menjadi pasangan calon. Dan, hanya ada satu paslon di Semarang ini," ujarnya.

Disinggung terkait strategi kampanye, Hendi berjanji akan menjalani seluruh tahapan dengan baik. Terutama disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Saya tidak mau tim kita, masyarakat atau teman teman media terkena Covid-19 hanya gara-gara kita kampanye. Maka, kita akan ikuti seluruh aturan yang ada, termasuk melakukan kampanye secara virtual," tandasnya.

Hendi-Ita diusung oleh seluruh partai yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang yaitu PDI-P, Gerindra, Demokrat, NasDem, Golkar, PKB, PSI, PAN, dan PKS.

Tak hanya itu, mereka juga didukung oleh partai non-parlemen yaitu PPP, PKPI, Berkarya, PBB, Gelora dan Hanura.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/23/18084371/calon-petahana-resmi-lawan-kotak-kosong-di-pilkada-kota-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke