Salin Artikel

Apresiasi Bupati Jember Disanksi Tak Terima Gaji, 11 Aktivis dan Anggota DPRD Cukur Gundul

Mereka mengapresiasi tindakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang memberi sanksi Bupati Jember Faida.

GRJ merupakan komunitas aktivis Jember yang kerap mengkritisi kebijakan Faida.

Aktivis GRJ sempat melakukan aksi di depan kantor Gubernur Jatim pada 27 Agustus 2020. Mereka mendesak Pemprov Jatim segera memberikan sanksi pada Faida.

Sebelum dicukur gundul, mereka terlebih dahulu menggelar istighosah. 

“Karena sanksi ini sudah ditunggu cukup lama. Kami bernazar, sanksi apapun dari pemerintah kami akan gundul," kata Syamsul Bustami, salah satu aktivis di halaman DPRD Jember, Rabu.

Menurut Syamsul, Bupati Jember Faida sudah melakukan berbagai pelaggaran.

Tak hanya keterlambatan APBD Jember tahun anggaran 2020, tetapi berbagai masalah lainnya, seperti masalah KSOTK, teguran KASN, dan lainnya.

"Kami berharap ada sanksi menyusul dari Mendagri," tambah dia.

Syamsul menilai pelanggaran yang dilakukan oleh Faida membuat pembangunan di Jember mundur, perekonomian terganggu, proyek pembangunan tidak berjalan.

"Karena tidak ada APBD, ekonomi Jember mandek," ucapnya.

Tak hanya aktivis GRJ, anggota DPRD Jember dari Fraksi Nasdem David Handoko Seto juga ikut cukur gundul dengan alasan yang sama.

“Walau hanya sanksi pada bupati tidak digaji, tapi DPRD Jember sudah membuktikan bahwa bupati yang bersalah,” jelas dia.


Pengasuh Ponpes As-shiddiqi Putri KH Ayyub Syaiful Rizal juga ikut dalam aksi itu.

“Saya cukur karena pemerintah sudah menerapkan aturan yang benar,” ujar dia. 

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sanksi administratif kepada Bupati Jember Faida berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan selama enam bulan.

Hak yang dimaksud meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, honorarium, biaya penunjang operasional, dan hak-hak keuangan lainnya sesuai peraturan perundang-undangan.

Penjatuhan sanksi karena Faida dinilai terlambat memproses pembentukan Raperda Kabupaten Jember tentang APBD Jember tahun anggaran 2020.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/09/13112061/apresiasi-bupati-jember-disanksi-tak-terima-gaji-11-aktivis-dan-anggota-dprd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke