Salin Artikel

Singgah ke Pantai Solong Banyuwangi yang Dikunjungi Jokowi Hari ini, Berlatar Belakang Selat Bali

Kunjungan Jokowi ke Pantai Solong untuk meninjau kesiapan adaptasi kebiasaan baru di destinasi wisata yang ada di ujung timur pulau Jawa itu.

Jarak Pantai Solong tidak begitu jauh dari pusat Kota Banyuwangi tepatnya di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Nama Solong diambil dari nama lingkungan di wilayah yang ada di utara Kota Banyuwangi itu.

Jarak Pantai Solong sekitar tujuh kilometer dari pusat kota.

Untuk masuk ke Pantai Solong, pengunjung harus melewati jalan kecil dan permukiman padat penduduk. Namun perubahan terasa saat masuk ke area Pantai Solong. Pengunjung langsung dimanjakan dengan deretan pohon kelapa dengan latar belakang Selat Bali.

Hamparan rumput hijau yang kontras dengan jalan yang terbuat dari semen putih, membuat pantai tersebut berbeda dengan pantai lainnya.

Dari Pantai Solong, daratan Pulau Bali terlihat jelas di seberang Selat Bali.

Bangunan vila yang ada Pantai Somg seluruhnya diadopsi dari rumah Suku Using salah satu suku yang ada di Banyuwangi yang didominasi kayu dan bambu.

Waktu yang tepat saat berkunjung ke Pantai Solong adalah saat matahari terbit di pagi hari.

Saat itu, matahari seakan-akan muncul dari balik Pulau Bali. Pemandangan semakin sempurna saat para perahu nelayan yang mencari ikan lalu lalang di Selat Bali. Ombak juga berdebur pelan di pasir pantai yang hitam.

Selain villa, di Pantai Solong  juga dilengkapi kolam renang berukuran sedang yang letaknya di samping restoran. Semua bangunan yang ada di kawasan tersebut, hampir semuanya menghadap ke arah pantai.

Di restoran tersebut, pengnjung juga bisa memesan makan khas Banyuwangi.

Beberapa waktu lalu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sempat mempromosikan Pantai Solong di akun Instagramnya.

Di video yang diunggah, Anas mengatakan Villa Solong menyediakan makanan khas Banyuwangi untuk paket wisata berbuka puasa.

”Sebagai makanan pembuka, ada jajanan tradisional seperti ketan kirip, kucur, dan pisang goreng. Minumnya tentu saja kelapa muda segar yang baru dipetik langsung dari pohonnya,” imbuh Anas.

Ia mengatakan tidak perlu khawatir untuk beribadah karena di lokasi wisata tersebut dudah disediakan fasilitas beribadah.

"Bisa berjamaah bersama-sama keluarga, atau memilih tempat yang diinginkan. Berjamaah langsung di hamparan landsekap hijau di tepi pantai," imbuh Anas.

Bagaiman? Tertarik untuk singgah ke Pantai Solong Banyuwangi?

https://regional.kompas.com/read/2020/06/25/13010041/singgah-ke-pantai-solong-banyuwangi-yang-dikunjungi-jokowi-hari-ini-berlatar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke