Salin Artikel

Sidak ke Mal, Wawali Solo Temukan Pengunjung Tak Terapkan Protokol Kesehatan

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo melakukan inspeksi mendadak  ke Paragon Mal Solo, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020).

Dalam sidak tersebut, Purnomo mengatakan, masih banyak pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

"Saya tadi menjumpai terutama di kasir antreannya tidak ditertibkan tidak memenuhi protokol kesehatan. Kami mohon untuk kepentingan bersama semuanya mengingatkan supaya memakai masker, jaga jarak dan sebagainya," kata Purnomo, Senin.

Purnomo mengatakan, pedoman teknis pelaksanaan usaha di toko modern dan pusat perbelanjaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 huruf c Perwali No 10 Tahun 2020 menyebutkan supaya memberi tanda batas antre dengan jarak paling sedikit 1 meter dan memberikan peringatan jika ada pengunjung yang melanggar jaga jarak paling sedikit 1 meter.

Purnomo menyampaikan dengan kondisi pengunjung yang tidak begitu ramai tentunya pengaturan protokol kesehatan penanganan Covid-19 lebih mudah.

"Kalau sepi seperti ini barang kali ngaturnya tidak sulit. Saya tidak tahu kalau malam hari atau hari Minggu mestinya ramainya melebihi hari ini," ungkap dia.

Dijelaskan, sidak ini tidak hanya sekali dilakukan. Tetapi dilakukan secara berjenjang terlebih pada saat akhir pekan atau weekend.

Purnomo mengimbau agar anak-anak di bawah usia 18 tahun, wanita hamil dan lanjut usia tidak diajak pergi mal. Karena mereka rentan terhadap penyebaran Covid-19.

"Kita dari Pemkot siap apabila mal membutuhkan petugas Linmas atau Satpol PP, kita siap membantu. Ini untuk menekan kemungkinan yang tidak kita harapkan," ujar dia.

Lebih jauh, Purnomo mengingatkan supaya pengelola mal atau tempat keramaian untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menempatkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer dan lainnya.

"Mudah-mudahan dengan menerapkan protokol kesehatan ini dapat menekan angka penularan Covid-19," jelas Purnomo.

Direktur Operasional Paragon Mal Solo, Budi mengatakan pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Setiap pengunjung yang masuk mal dicek suhu tubuhnya dan wajib memakai masker.

"Mengenai anak, usia lanjut dan ibu hamil ini di lapangan masih ada kendala. Kendalanya seperti satu keluarga bawa anak kecil. Mau masuk kita tidak izinkan untuk anaknya, walaupun mereka cukup berdebat kita tetap jalankan," kata Budi.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/15/15104531/sidak-ke-mal-wawali-solo-temukan-pengunjung-tak-terapkan-protokol-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke