Salin Artikel

Pemuda Purworejo Belajar Ciptakan Robot untuk Bantu Ibunya Jualan Telur Dadar Lewat YouTube

Berkat ketekunannya, Agung berhasil menciptakan robot mini pembuat telur dadar.

Agung menuturkan, dirinya belajar membuat robot lewat YouTube dan mencari di Google bersama beberapa teman.

"Awalnya saya belajar dari YouTube dan Google tentang cara kerja motor servo, mikro controller, jadi tidak langsung fokus di robot. Kemudian saya coba-coba akhirnya bisa membuat robot dengan bahan dan alat sederhana," katanya, Kamis (20/2/2020).

Pemuda lulusan SMK Negeri 1 Purworejo tahun 2019 ini menuturkan, ilmu pembuatan robot belum pernah diterimanya waktu belajar di sekolah, karena jurusan yang ditekuni adalah teknik kendaraan ringan (otomotif).

Agung tertarik membuat robot karena kasihan melihat ibunya, Praptining Utami (55), yang kerepotan saat berjualan telur dadar mini.

Praptining kesulitan menuangkan adonan telur karena memiliki gangguan pada mata.

"Robot ini memang saya buat untuk memudahkan ibu berjualan karena ibu mengalami gangguan penglihatan.  Setiap kali menuangkan adonan telur harus dekat dengan wajan yang panas. Melihat hal itu saya tidak tega," katanya.


Cara kerja robot, yakni lengan-lengan mekanis robot akan mengatur posisi di setiap lubang-lubang cetakan di wajan. Kemudian pompa menyedot adonan telur dan dialirkan ke cetakan lewat selang.

Pemuda yang kini mengajari adik kelasnya di SMK Negeri 1 Purworejo pada ekstrakurikuler robotik ini menjelaskan, untuk membuat robot mini pembuat telur dadar tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 1,5 juta.

Untuk membuat robot tersebut memang harus membeli beberapa komponen di luar kota seperti Solo, Yogyakarta, dan Jakarta, karena belum ada di Purworejo.

Menurut dia keberadaan robot tersebut tidak hanya memudahkan ibunya saat berjualan, tetapi juga turut mendongkrak omzet penjualan.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/21/10433091/pemuda-purworejo-belajar-ciptakan-robot-untuk-bantu-ibunya-jualan-telur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke