Salin Artikel

Waspada, Sumatera Barat Berpotensi Diguyur Hujan Selama Dua Hari

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi BIM Sumbar pada Kamis (2/1/2020) ini potensi hujan terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Untuk besok, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Pesisir Selatan, Pasaman Barat dan Solok Selatan," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi BIM Sumbar, Sakimin yang dihubungi Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Sakimin menyebutkan, upada pada Sabtu (4/1/2020), sejumlah daerah berpotensi diguyur hujan, yakni Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang Pariaman, Solok Selatan dan Pesisir Selatan.

"Hingga dua hari ke depan, sejumlah wilayah di Sumbar masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Sakimin.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Rumainur mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

"Kita imbau warga agar waspada bencana. Saat ini, Sumbar sudah masuk musim penghujan," kata Rumainur.

Sebagai antisipasi bencana, menurut Rumainur, pihaknya sudah siap siaga sesuai dengan arahan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang meminta semua personel siap siaga.

"Kita siap siaga baik petugas maupun peralatan. Begitu juga di kabupaten dan kota. Ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi bencana," kata Rumainur.

Sejumlah daerah di Sumbar pada akhir tahun lalu terjadi bencana alam banjir dan longsor seperti di Agam, Solok Selatan, Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Pasaman Barat hingga Dharmasraya.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/02/11404251/waspada-sumatera-barat-berpotensi-diguyur-hujan-selama-dua-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke