Salin Artikel

Warga di Rokan Hulu Diminta Mengungsi Saat Sungai Meluap

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sejak sepekan terakhir, beberapa aliran sungai, seperti Sungai Rokan Kiri dan Sungai Rokan Kanan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, sering meluap.

Luapan air sungai itu menjadi pemicu terjadinya banjir di permukiman warga, terutama yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS).

Oleh sebab itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, mengimbau, masyarakat untuk mengungsi pada saat air sungai meluap.

Imbauan itu menyusul dengan adanya seorang bocah berusia empat tahun hanyut terseret arus sungai yang sedang meluap, Rabu (4/12/2019).

"Kami meminta warga yang tinggal daerah tepi sungai untuk sementara waktu mengungsilah dulu. Tapi, kalau air udah surut baru kembali ke rumah," ucap Sekretaris BPBD Rohul, Afrizal saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Dia menyarankan, warga mengungsi ke posko pengungsian yang telah didirikan BPBD dan juga Polres Rohul.

Karena, sambung Afrizal, tidak bisa dipastikan kapan air sungai naik. Kadang naik siang atau pun malam.

Sehingga dikhawatirkan warga terjebak di dalam rumah pada saat sungai meluap.

"Kita kan enggak tahu kapan hujan turun di bagian hulu sungai. Tapi, saat ini, cuaca di hulu sungai di Sumatera Barat masih terjadi hujan, dan airnya mengalir ke tempat kita. Baru kemarin banjir turun. Tapi sekarang naik lagi," sebut Afrizal.

Agar tidak timbul korban jiwa akibat banjir, dia meminta warga supaya segera mengungsi.

"Kalau bisa warga mengungsi dulu, karena kami sudah bikin tenda pengungsian. Tapi masyarakat sekarang enggak mau ninggalin rumah. Tapi, kalau masih mau bertahan di rumah juga, kami minta berhati-hati. Kemudian siapkan pelampung pribadi seperti benen dan sebagainya," tutup Afrizal.

Diketahui, banjir disejumlah wilayah di Rohul terjadi sejak, Minggu (24/12/2019) lalu, akibat luapan air sungai. 

Banjir mulanya terjadi di Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah. Setelah itu genangan air mengarah ke Kota Pasir Pengaraian.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/04/20212011/warga-di-rokan-hulu-diminta-mengungsi-saat-sungai-meluap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke