Salin Artikel

Warga Gunungkidul Temukan Batu Mirip Menhir dan Bergambar Wayang

Salah satu batu diduga menhir dan satunya lagi batu berbentuk lempengan bergambar tokoh wayang.

Seorang warga Dusun Sawahan II, Edi Pramono mengatakan, batu diduga menhir itu ditemukan di pekaranga rumah warga bernama Ngadiono, Selasa (19/11/2019).

Sedangkan batu bergambar wayang ditemukan di lahan milik Perhutani, Sabtu (16/11/2019).

Saat ini kedua batu dibawa ke lahan kosong di tengah lahan persawahan. Masyarakat setempat menyebutknya lahan Murklampok.

"Dapat informasi dari warga jika ada batu itu lalu kami bawa ke sini," ujar Edi, saat ditemui di lokasi, Kamis (21/11/2019). 

Dijelaskannya, menurut cerita pemilik lahan, Ngadiono, batu yang diduga menhir setinggi sekitar 1,5 meter itu ditemukan saat sedang mempersiapkan lahan untuk ditanami jagung.

Untuk batu bergambar wayang yang memiliki tinggi sekitar 1,5 meter, ditemukan di hutan kayu putih.

"Awalnya pemilik lahan mengira batu besar (mirip menhir) itu berupa kijing (batu nisan) dan beberapa kali dipindah. Mendapatkan informasi lalu kita bersama warga lainnya memindahkan ke sini," ujar dia.

Warga sekitar merahasikan lokasi penemuan kedua benda tersebut sebelum warga setempat atapun petugas meninjau lokasi.

Sebab, dikhawatirkan akan dicuri atau didatangi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Warga lainnya, Darto mengatakan, untuk batu bergambar wayang, menurut cerita warga setempat sudah beberapa kali ditemukan.

"Ada batu bergambar garuda tetapi terkubur lagi," ujar dia. 

Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Mantara mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi penemuan batu bergambar dan diduga menhir itu.

"Dari BPCB rencananya hari ini datang," ujar dia. 

Butuh penelitian lebih lanjut mengenai kebenaran apakah temuan itu termasuk cagar budaya atau tidak.

Namun, pihaknya berharap temuan itu benar-benar cagar budaya, sehingga menambah potensi cagar budaya yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Apalagi di Desa Bleberan juga ada penampungan situs. Di sana terdapat beberapa menhir dan batu keong yang tersimpan rapi di lahan yang sudah dipersiapkan.

"Gunungkidul potensi benda purbakalanya itu besar, sehingga jika temuan ini benar menhir, semoga menambah potensi cagar budaya yang ada," kata dia.

"Kita (Dinas Kebudayaan) sedang melakukan upaya peningkatan kunjungan ke situs yang ada dengan menggelar wajib kunjung situs bagi pelajar, guru, dan komunitas," ujar Agus menambahkan. 

Perlu diketahui, menhir pada masa prasejarah digunakan masyarakat untuk berdoa atau menyembah sesuatu yang dianggap memberikan kekuatan pada kehidupannya.

Menhir juga digunakan untuk patok batas sebuah wilayah kekuasaan.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/21/16044901/warga-gunungkidul-temukan-batu-mirip-menhir-dan-bergambar-wayang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke