Salin Artikel

6 Perusahaan Asing Bangun Pabrik di Karawang, Ciptakan 4.000 Lowongan Kerja Baru

Enam pabrik yang berasal dari China, Jepang, hingga Indonesia tersebut, yakni Wook Global Technology, PT Ikimura Indotool Center, PT Ruiyuan Karawang Industrial Innovation and Development.

Kemudian PT Wondeful Food International, PT Brightgene Biomedical Indonesia, PT Binamitra Kwarta Sedaya, Zhengjia Henglin Co. Ltd., PT Sandin Heavy Equipment, dan Dongguan JiaYaoXing Co. Ltd.

Zhao Hongjing dari CFLD International mengatakan, dengan komitmen investasi sekitar 100 juta dollar AS yang sudah ditanamkan, KNIC memproyeksikan membuka 4.000 lapangan kerja baru. CFLD International merupakan perusahaan properti asal China yang menjadi pengelola KNIC. 

"KNIC juga berkomitmen dengan pemerintah lokal untuk turut serta dalam mendukung pertumbuhan sosial ekonomi, yaitu dengan kontribusi pajak daerah sebesar 12 juta dollar AS setiap tahunnya, jika proyek tersebut rampung," kata Zhao Hongjing pada acara groundbreaking KNIC, Kamis (20/6/2019). 

KNIC berdiri di Karawang, Jawa Barat. Tahap awal kawasan ini seluas 205 hektar. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas. 

Seperti kawasan pabrik, pusat logistik, pusat layanan industri terpadu, koneksi digital, serta fasilitas yang dirancang khusus untuk industri pangan, otomotif, elektronik, dan bahan bangunan.

Sebagai pengelola KNIC, CFLD International juga menyediakan ruang inovatif untuk usaha kecil menengah (UKM).

Harapan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan hadirnya perusahaan-perusahaan di KNIC diharapkan bisa mengangkat perekonomian Indonesia dan Jawa Barat.

Ia juga berharap perusahaan-perusahaan di kawasan KNIC menjadi industri yang suistanable, yang memperhatikan ekonomi, sosial dan lingkungan.

"(Harapannya) yang pertama membantu ekonomi Indonesia, Jawa Barat, dan warga lokal Karawang harus menjadi tuan rumah di kotanya sendiri," katanya saat menghadiri groundbreaking KNIC, Kamis. 

Groundbreaking tersebut dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto,  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana.

Juga dihadiri Minister Counselor Bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar China untuk Indonesia Wan Liping, Chairman of Commission 6 of the People Representative Council Dito Ganinduto, Deputi Kerjasama Penanaman Modal (BKPM) Indonesia Wisnu Wijaya Soedibjo. 

https://regional.kompas.com/read/2019/06/21/13211191/6-perusahaan-asing-bangun-pabrik-di-karawang-ciptakan-4000-lowongan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke