Salin Artikel

Pemkot Surabaya Kirim Bantuan ke Korban Gempa Palu dan Akan Perbaiki Sekolah

Beberapa elemen masyarakat, seperti organisasi pendidikan dan pengusaha, memberikan penyerahan bantuan ke Pemkot Surabaya di Balai Kota, Selasa (16/10/2018).

Bantuan tersebut akan disalurkan langsung ke Sulawesi Tengah. Secara keseluruhan, bantuan yang terkumpul hari ini, Selasa (16/10/2018), ada sebanyak Rp 450 juta.

Jumlah bantuan tersebut belum termasuk bantuan warga Surabaya, yang masuk di rekening Pemkot Surabaya.

Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma, bantuan yang terkumpul sejak membuka posko di Balai Kota sudah mencapai Rp 1,9 miliar. Bantuan tersebut nantinya akan diwujudkan berupa makanan dan uang cash.

"Kami sudah mengumpulkan sebanyak 30 ton beras, ratusan kardus mie instan dan juga sejumlah bahan makanan lain," kata Risma.

Selain itu, imbuh Risma, Pemkot Surabaya juga memberikan air bersih untuk diminum karena kondisi pasca gempa di Pasigala, warga setempat kekurangan air bersih.

Perbaikan sekolah di Palu

Sementara bantuan lainnya berupa perbaikan sekolah di Palu. Menurut Risma, sekolah yang rusak antara lain SMPN 1 dan SMPN 6. Apalagi selama ini siswa di Palu selalu belajar menggunakan tenda.

"Kondisi sekolah di sana secara fisik sudah tidak memungkinkan untuk digunakan tempat belajar. Perlu dibantu agar anak-anak di lokasi bencana tetap bisa sekolah," tutur Risma.

Pemkot Surabaya, sambung Risma, juga telah menugaskan tenaga medis dan sudah berada di Palu. Tenaga medis yang dikirim terdiri dari perawat dan dokter bedah.

Mereka ditugaskan untuk membantu korban terdampak gempa dan tsunami, karrna sejumlah puskesmas belum berjalan normal.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/17/06423751/pemkot-surabaya-kirim-bantuan-ke-korban-gempa-palu-dan-akan-perbaiki-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke