Salin Artikel

TPS Berkonsep Piala Dunia, Harapan Agar tetap Rukun di Pilkada Serentak 2018

Salah satunya adalah TPS 02 yang ada di RT3/RW1 Desa Gapurosukolilo, yang berada di Kecamatan Gresik Kota, Gresik. Para petugas sengaja 'menyulap' TPS di tempatnya, dengan aneka pernak-pernik tim kontestan Piala Dunia 2018.

"Setiap kali penyelenggaraan Pemilu atau Pemilukada (Pilkada), tema yang kami usung selalu berbeda. Kemarin kebetulan, ada warga yang usul dibuat konsep Piala Dunia," ujar Ketua RW1 Desa Gapurosukolilo Udik Sutanto, Rabu (27/6/2018).

Udik mengaku, usulan tersebut dilontarkan oleh salah satu warga bernama Totok (56). Dan ternyata, usulan tersebut direspon oleh banyak warga lain yang lantas diwujudkan.

"Sebelumnya (Pemilu 2014) para petugas mengenakan baju adat, sekarang kaos tim kontestan Piala Dunia. Lumayan bagus, karena animo warga cukup antusias dalam mendatangi TPS dan menyalurkan aspirasinya," tambah Udik.

Sementara Totok menambahkan, dirinya memberikan usulan tersebut berdasarkan euforia gelaran Piala Dunia yang tengah berlangsung. Sehingga selain berpatisipasi, warga setempat juga diingatkan untuk menghormati perbedaan pendapat atau pilihan dalam Pilkada Jatim kali ini.

"Biar euforia seperti momen Piala Dunia. Tetap sportif dan fairplay, meskipun tim yang dicintai kalah. Sehingga tetap rukun dalam hidup bertetangga," ucap Totok.

Adapun Ketua KPPS TPS 02 Desa Gapurosukolilo Yuda Laksono mengatakan, di wilayahnya terdapat total 382 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang berasal dari dua RT.

"Kalau di sini, warga itu berasal dari dua RT. yakni, RT 3 dan RT 4," kata Yuda.

Pilkada Jatim sendiri menampilkan dua pasangan calon, yakni pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, serta pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

https://regional.kompas.com/read/2018/06/27/11135851/tps-berkonsep-piala-dunia-harapan-agar-tetap-rukun-di-pilkada-serentak-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke