Salin Artikel

Dampak Gempa Beruntun di Ambon, 3 Sekolah dan 13 Rumah Warga Rusak

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Enrico Matitaputty, mengungkapkan, dari hasil pendataan yang dilakukan petugas di lapangan, tercatat ada sebanyak 13 rumah warga yang rusak.

“Rumah warga yang rusak itu jumlahnya ada 13 unit, semuanya rusak ringan dan umumnya mengalami retak pada bagian dinding dan juga bagian lantai,”kata Enrico kepada Kompas.com via telepon seluler Rabu sore (1/11/2017).

Dia mengatakan 13 rumah warga yang mengalami kerusakan itu paling banyak terdapat di Kecamatan Sirimau dan selebihnya di berada di Passo, Kecamatan Baguala.

“Jadi paling banyak itu di Desa Batu Merah, sisanya ada di Waitatiri dan Passo,” ujar Enrico.

Dia juga menyebutkan bahwa ada satu tambahan sekolah yang juga mengalami kerusakan yakni sekolah yang ada di Poka. Sebelumnya, dia menyampaikan bahwa jumlah sekolah yang rusak hanya dua unit.

“Ternyata sekolah yang rusak itu ada tiga. Kalau rumah warga itu totalnya 13,” kata dia.

Selain itu, lanjut Enrico, kerusakan juga terjadi di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon. Akibat gempa, dinding kantor tersebut juga mengalami retak.

”Kantor Dinas Pemadam Kabakaran juga rusak akibat mengalami retak,” ujarnya.

Selain di Kota Ambon, berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, ada beberapa rumah warga di Desa Alang, Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah juga mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan dinding salah satu rumah warga hingga lepas.

Gempa beruntun yang mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya pada Selasa malam itu menyebabkan sejumlah fasilitas publik mengalami kerusakan seperti Bandara Pattimura, Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, dua sekolah dan pusat perbelanjaan Maluku City Mall.

Gempa menyebabkan warga yang panik langsung berhamburan dari rumah-rumah mereka. Warga bahkan memilih tidur di lapangan dan juga rumah ibadah karena takut genpa susulan dan tsunami.

https://regional.kompas.com/read/2017/11/01/16453961/dampak-gempa-beruntun-di-ambon-3-sekolah-dan-13-rumah-warga-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke