Salin Artikel

Jadi Plt Wali Kota Batu, Punjul Diminta Siapkan Pelantikan Walkot Baru

Surat keputusan pelaksana tugas Wali Kota Batu diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, melalui Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (18/9/2017) malam.

Tjahjo mengatakan, selain menjalankan roda pemerintahan, Plt Wakil Wali Kota Batu bertugas menyiapkan pelantikan Wali Kota Batu terpilih pada 26 Desember nanti.

"Semoga wakil wali kota Batu bisa menjalankan tugas dengan baik hingga 2 bulan ke depan," kata Tjahjo.

Menurut dia, secara definitif, posisi wali kota Batu masih dijabat Eddy Rumpoko. Status Eddy ditetapkan jika keputusan hukumnya sudah incraht.

Sebagai langkah antisipasi semakin banyaknya kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan oleh penegak hukum sebut Tjahjo, Kemendagri dan KPK sedang merumuskan untuk mengefektifkan peran inspektorat yang ada di masing-masing daerah.

"Selama ini inspektorat di daerah seperti ada dan tiada, penindakannya tumpul meskipun banyak laporan yang masuk ke inspektorat," ucapnya.

Akhir pekan lalu, Eddy Rumpoko diamankan dalam operasi tangkap tangan di rumah dinasnya. Turut diamankan, seorang pengusaha dan pejabat pengadaan Pemkot Batu. 

https://regional.kompas.com/read/2017/09/18/21445311/jadi-plt-wali-kota-batu-punjul-diminta-siapkan-pelantikan-walkot-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke