Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Obat Nyamuk, Rumah Mbah Nunik Hangus Terbakar

Kompas.com - 07/07/2017, 11:35 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Akibat lupa memadamkan obat nyamuk bakar setelah bangun tidur, rumah milik Mbah Nunik (65), penjual nasi pecel di Dukuh Ngimo, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, terbakar, Jumat (7/7/2017) pagi.

"Korban lupa tidak memadamkan obat nyamuk bakar saat bangun tidur dan ditinggal masak nasi. Obat nyamuk bakar itu akhirnya membakar sprei tempat tidur yang menjulur kebawah hingga akhirnya membakar separuh rumah korban," ujar Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, Jumat (7/7/2017) pagi.

Suryo bercerita, setelah bangun tidur, pemilik rumah langsung menuju dapur untuk memasak nasi dan lauk untuk persiapan dijual ke Pasar Sawoo, Jumat (7/7/2017) pukul 02.00 WIB.

Rupanya saat akan tidur, korban menyalakan obat nyamuk bakar yang ditaruh di bawah tempat tidur ditutup dengan spreinya. Namun saat bangun tidur, korban lupa memadamkan obat nyamuk.

(Baca juga: Seorang Nenek Meninggal Seusai Diperiksa karena Mencuri Obat Nyamuk)

Kondisi itu mengakibatkan obat nyamuk itu membakar sprei yang menjulur ke bawah hingga akhirnya membakar kasur. Kobaran api dengan cepat menghanguskan sebagian rumah korban yang terbuat dari kayu dan bambu.

Mbah Nunik korban yang masih memasak nasi baru tahu setelah mencium bau asap. Melihat kobaran api dari kamar, korban langsung memanggil anaknya yang tidur di sebelah kamar korban untuk segera keluar dari kamar.

"Korban juga meminta tolong tetangga untuk membantu memadamkan api. Tetangga yang mendengar teriakan korban berdatangan membantu memadamkan api dengan disiram air dari sumur," kata Suryo.

Akibat kebakaran itu, lanjut Suryo, Nunik mengalami luka bakar ringan di bagian lengan kanan dan pipi sebelah kanan. Korban mengalami luka karena kejatuhan api dari atas saat berusaha imembantu memadamkan api.

Suryo mengimbau warga untuk memastikan memadamkan api kompor dan obat nyamuk saat meninggalkan rumah.

Terbakarnya rumah Mbah Nunik juga mendapatkan perhatian dari netizen di Ponorogo. Akun Facebook Catur Prasetiawan mengunggah lima foto rumah korban pasca terbakar.

"Assalamualaikum..Lurr minta bantuannya terjadi kebakaran di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo pada pukul 03.00, rumah Ibu Nunik, RT 07, RW 01, Desa Prayungan, Sawoo, Ponorogo," tulis Catur.

 

Kompas TV Akibat Obat Nyamuk, Puluhan Kios dan Bangunan Terbakar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com