Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Petang, Seluruh Lajur Tol Cipali Dipakai untuk Arus ke Jakarta

Kompas.com - 01/07/2017, 19:02 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

PALIMANAN, KOMPAS.com - Seluruh lajur jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), mulai Sabtu (1/7/2017) pukul 17.30 WIB, digunakan untuk arus balik lalu lintas menuju Jakarta. Sejumlah pemudik yang sudah terjebak macet sejak KM 153 pun berusaha menyeberangi median pembatas jalan tol.

Sebelumnya, arus lalu lintas di Tol Cipali terpantau mulai tersendat di KM 153. Semua tempat istirahat (rest area) di tol ini pun disesaki pemudik,  bahkan sejak arus lalu lintas di tol tersebut masih mengalir lancar.

Akibat penuhnya tempat istirahat, banyak pemudik yang kelelahan, butuh buang hajat, atau perlu bersantap, memarkir kendaraan di bahu jalan di beberapa lokasi di sepanjang tol ini.

Bersamaan dengan itu, kendaraan pemudik yang sebelumnya tersendat di Jawa Tengah juga sudah mulai masuk Tol Cipali. Tak pelak, tumpukan kendaraan semakin bertambah.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA Pemudik menyeberangi parit untuk pindah ke jalur sebelahnya di ruas tol Cipali setelah seluruh ruas jalan di tol ini digunakan untuk kendaraan arah ke Jakarta, Sabtu (1/7/2017) petang.
Sebelum contra-flow di Tol Cipali diberlakukan, para pemudik juga berniat keluar jalur ini lewat Gerbang Tol Cikedung.

Dari pintu keluar ini, pemudik bisa melanjutkan perjalanan menuju Jakarta melalui Subang dan Purwakarta. Namun, informasi yang didapat, lalu lintas di jalur alternatif itu pun padat. Hasilnya, banyak pemudik dari jalur Tol Cipali urung keluar di Cikedung.

Hingga berita ini ditayangkan, contra-flow masih berlaku. Kendaraan menuju Jakarta di Tol Cipali pun mengalir lancar setelah rest area KM 132 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com