Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Bukan Tempat Baru untuk Obama, Ayam Ingkung dan Pohon Jambu Jadi "Saksi"

Kompas.com - 28/06/2017, 07:17 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Bali, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan melanjutkan liburannya di Indonesia ke sejumlah tempat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Bagi Obama, Yogyakarta bukanlah tempat baru untuk dikunjungi. Semasa kecil, Obama kerap berkunjung ke Kota Gudeg itu saat liburan sekolah tiba.

Widodo, salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan, Obama kerap menginap di rumah pamannya, Prof.dr Iman Sutiknjo, di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Depok, Sleman. Iman adalah Dekan Fisipol UGM pada masa itu. Istrinya merupakan kakak dari Dr Soetoro, ayah tiri Obama. 

"Ketika Obama kecil tahun 1967 - 1971, itu sekolahnya kan di Menteng, Jakarta dan kalau libur panjang selalu menghabiskan liburannya di Bulaksumur Blok D7. Karena nenek tirinya juga tinggal di sana," ucap Widodo, Selasa (27/6/2017).

(Baca juga: Ini Tempat Tidur dan Kursi yang Digunakan Obama Kecil di Yogyakarta

Widodo menyampaikan, ibu Dr Soetoro sangat menyayanginya. Setiap kali Obama kecil datang berlibur ke rumah di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, neneknya selalu memanjakannya.

"Neneknya itu sangat sayang sekali dengan Obama. Setiap datang selalu dimanjakan sama neneknya," tegasnya.

Salah satu bentuk sayang nenek kepada Obama adalah dengan sering membelikan ayam ingkung (ayam utuh). 

"Neneknya sayang sekali dengan Obama kecil. Beliu suka membelikan ayam utuh atau ingkung ayam, karena Obama kecil suka ayam ingkung," ungkapnya.

(Baca juga: Cerita Yusana, Rafting Satu Perahu dengan Obama di Bali)

Selain itu, seperti layaknya anak-anak lainya, Obama kecil selalu mengisi liburannya dengan memanjat pohon jambu yang ada di depan rumah pamannya itu.

"Obama itu dulu sering bermain, memanjat pohon jambu yang di depan rumah," pungkasnya.

 

Kompas TV Barack Obama dan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak dijadwalkan bertemu di sela masa liburan keduanya di Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com