Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tempat Tidur dan Kursi yang Digunakan Obama Kecil di Yogyakarta

Kompas.com - 27/06/2017, 21:18 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah mengisi masa kecil di rumah paman tirinya Prof Dr Iman Sutiknjo di Bulaksumur Blok D7 Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

Di tempat yang kini menjadi Museum UGM itu masih tersimpan tempat tidur dan kursi yang sering dipakai Obama kecil.

Baca: Menilik Memori Liburan Masa Kecil Obama di Yogyakarta

"Sekarang ruangan yang di pakai oleh Barack Obama dan keluarganya diberi nama ruang Barry," ujar salah satu pendiri sekaligus pengelola Museum UGM, Widodo, STP, MSc., Selasa (27/06/2017).

Widodo menuturkan, di ruang itu terdapat sebuah tempat tidur yang dahulu digunakan Barack Obama dan kedua orangtuanya. Dulu terdapat dua tempat tidur, tetapi salah satunya kini disimpan di Semarang, Jawa Tengah.

"Semua masih aslinya, seperti tempat tidur Obama, dulu ada dua tapi yang satu di Semarang. Tempat tidurnya Obama itu menghadap ke Barat," ucapnya.

Menurut Widodo tempat tidur tersebut saat itu dipakai tiga orang yakni Dr Soetoro, Ann Dunham, dan Obama. Saat tidur, posisinya Obama diapit kedua orangtuanya.

"Tempat tidur kembar itu dipakai bertiga, Obama kecil tidur di tengah. Kopernya Obama selalu ditaruh di pojok selatan, kamar mandinya juga masih asli," urainya.

Tak hanya tempat tidur, mainan milik Barack Obama kecil pun masih ada. Hanya saja karena sudah cukup lama, kondisinya kini rusak.

"Ada mainannya, bentuknya kotak-kotak seperti itu, tapi sudah rusak karena mainan zaman dulu ya," tambah dia.

Masih tersimpan dengan baik pula, kursi warna putih yang dulu sering di pakai Obama kecil duduk di beranda depan beserta meja berwana coklat tua.

"Ada kursi warna putih dan meja, yang juga masih asli. Kursi itu dahulu tempat duduk Obama kecil di beranda depan rumah," tuturnya.

Baca: Di Pura Gunung Kawi, Obama Menawar Suvenir Pakai Bahasa Indonesia

Di ruangan Barry juga terdapat meja kerja Prof Dr Iman Sutiknjo yang adalah paman tiri Barack Obama lengkap dengan tulisannya.

Di tempat itu juga terpasang beberapa foto, antara lain Barack Obama kecil saat berfoto dengan putra dan putri Prof Dr Iman Sutiknjo, bersama keluarga Iman Sutiknjo, dan bersama nenek tirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com