Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Akatsuki" Bagi-bagi Zakat Fitrah Viral, Ini Pengakuan Anggotanya

Kompas.com - 17/06/2017, 07:07 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Organisasi Akatsuki dikenal sebagai kelompok antagonis dalam serial kartun Naruto, tetapi Akatsuki di Indonesia justru mengirimkan zakat fitrah kepada kaum lansia.

Baru-baru ini media sosial Facebook diramaikan dengan video dan foto sekelompok orang dengan jubah hitam dengan sentuhan gambar awan serupa Akatsuki di kartun Naruto menggendong beberapa karung beras keluar dari mobil dan memberikannnya ke para lansia.

Setelah diselidiki, itu adalah Organisasi Akatsuki Afkar di Lumajang, Jawa Timur yang tengah menjalankan program bakti sosial mereka selama bulan Ramadhan.

"Ya itu memang kegiatan kami yang dilakukan sesuai agenda dengan inovasi seperti itu dan kami unggah di fanpage kami," kata salah seorang anggota Organisasi Akatsuki Afkar bidang Pubdekdok, M Irfianto, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Jumat (16/6/2017).

Kemudian, Irfianto juga menjelaskan kenapa organisasinya memilih Akatsuki yang jelas-jelas di dalam serial kartun Naruto bersifat jahat.

Baca juga: Nur Khalik, Kakek 101 Tahun Penjual Abu Gosok yang Viral di Medsos

Menurut dia, Akatsuki merupakan sebuah perkumpulan yang awalnya didirikan untuk memberikan perdamaian dan mengakhiri perang.

Namun, di dalam cerita Naruto, Akatsuki yang dihuni ninja-ninja hebat berubah menjadi jahat lantaran campur tangan ninja jahat lainnya yakni Obito.

"Karena itu kami memilih akatsuki dan melakukan kebalikan dari apa yang di ada di film juga terinspirasi dari cerita para wali yaitu Sunan Kalijaga sebelum jadi sunan," jelas Irfianto.

Selain berbagi zakat fitrah, Organisasi Akatsuki Afkar juga melaksanakan berbagai kegiatan sosial lainnya selama bulan Ramadhan seperti jariyah untuk pembangunan masjid, panti asuhan, pondok pesantren, rumah sakit, dan juga bantuan untuk anak yatim piatu.

"Kami juga memberikan bantuan dana modal usaha secara langsung atau tidak langsung kepada kaum fakir miskin serta bantuan penempatan rumah gratis selama lima tahun bagi keluarga miskin tidak mampu," tambah Irfianto.

Organisasi Akatsuki Afkar yang bertempat di Desa Kebonsari, Lumajang ini telah mendapat 8.700 like di fanpage Facebooknya.

Sementara itu, video bagi-bagi sembako Organisasi Akatsuki Afkar saat ini telah dibagikan sebanyak 995 kali dan menuai 236 komentar sejak diunggah pada Rabu (13/6/2017) lalu.

Baca juga: Viral, "Surat Cinta" dari Kepala Sekolah untuk Wali Murid SD di Bantul

Kompas TV Sebuah Foto Menteri Susi Pudjiastuti menjadi perbincangan netizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com