Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Emas Dibobol, 2,5 Kg Emas Senilai Rp 1 Miliar Raib

Kompas.com - 15/06/2017, 15:15 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sebuah toko emas di Pasar Terpadu Dinoyo, Kota Malang, Jawa Timur dibobol maling, Kamis (15/6/2017). Akibatnya, sekitar 2,5 kilogram emas amblas dibawa kabur pelaku.

Nur Khusaini (45), pemilik toko itu, mengatakan, dirinya menyadari bahwa tokonya telah dibobol maling saat ingin membuka tokonya itu sekitar pukul 8.00 WIB.

"Saya curiga. Gembok yang di pintu samping kok ganti," katanya.

Kecurigaannya menjadi nyata setelah dia masuk ke toko yang diberi nama Barokah itu. Brangkas tempat penyimpanan emasnya rusak. Sekitar 2,5 kilogram emas amblas.

"Yang hilang sekitar 2,5 kilogram. Kerugian mencapai sekitar 1 miliar," katanya.

Sumarli (36), istri korban, mengatakan, dirinya baru dua bulan menempati toko itu. Ia pindah ke pasar tersebut setelah pasar sebelumnya di Kelurahan Merjosari dibongkar oleh Pemerintah Kota Malang. Tidak semua ruangan di dalam brangkas dirusak pelaku.

Ruang brangkas di bagian bawah yang berisi uang sekitar Rp 100 juta aman. Selain itu, ruang brangkas yang berisi emas setengah kilogram juga aman dari pelaku.

"Kok kebetulan brangkas yang dirusak isinya yang banyak," ungkapnya yang merupakan warga Jalan Kumis Kucing, Lowokwaru, Kota Malang.

(Baca juga: Tak Sampai 12 Jam, Polisi Ringkus Pelaku Perampokan Pedagang Emas)

Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus itu. Polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap korban dan sejumlah saksi.

Polisi juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Dugaan sementara, pelaku melakukan aksinya saat dini hari.

"Diduga hasil penyelidikan, dini hari. Namun demikian kita masih mengumpulkan saksi-saksi," kata Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Heru Dwi Purnomo.

 

Kompas TV Ditinggal Sendirian, Juragan Toko Emas Dirampok di Rumah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com