Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Megawati di Makam Bung Karno

Kompas.com - 06/06/2017, 04:40 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri sempat meneteskan air mata saat berpidato di hadapan kadernya di Kompleks Makam Bung Karno, Kota Blitar, Senin (5/6/2017) malam.

Air mata Megawati menetes saat mengenang ayahnya, Soekarno atau Bung Karno yang merupakan Presiden Pertama sekaligus Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

"Saya tahu beliau (Soekarno) ada. Saya tahu beliau bahagia. Masih ada," katanya sambil menahan isaknya.

"Masih ada pengikut-pengikutnya. Dan saya percaya akan semakin besar. Hanya satu syaratnya, kalian harus solid. Apakah sanggup?" serunya kepada seluruh kader PDI Perjuangan yang hadir.

"Sanggup," jawab yang hadir serentak.

Baca juga: Megawati: Indonesia Tak Mungkin Diseragamkan

Presiden ke-5 RI itu pun meminta kepada seluruh kadernya untuk menjaga soliditas partai. Sebab hanya dengan itu, PDI Perjuangan bisa tetap bertahan dari ancaman yang ingin membuat partai berlambang moncong putih itu hancur.

"Banyak orang menginginkan supaya kita tidak menjadi partai besar yang solid," ucapnya.

Karenanya, Megawati menginginkan adanya pertemuan rutin di Makam Bung Karno. Harapannya, setiap Bulan Bung Karno, yakni setiap Juni ada pertemuan seluruh kader PDI Perjuangan di lokasi tersebut.

"Nanti setiap Bulan Bung Karno. Kita akan terus melakukan pertemuan seperti ini, disini. Ternyata masih ada di antara mereka yang belum pernah ke makam proklamator ini," katanya.

Baca juga: PDI-P: Konstruksi Pemikiran Soekarno adalah Konstruksi Pemikiran Islam

Kompas TV Blitar Peringati Hari Kelahiran Soekarno ke-116 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com