Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Anas: Sekarang Saya Masuk Pasar, Semua Orang Tersenyum...

Kompas.com - 30/05/2017, 16:19 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Blambangan untuk mengecek harga kebutuhan pangan pada bulan Ramadhan Selasa (30/5/2017). Pada sidak tersebut, Anas mengatakan harga kebutuhan pangan stabil dan ada sebagian yang turun.

"Sekarang saya masuk pasar, semua orang tersenyum karena harga stabil bahkan ada yang turun. Tapi kalau dulu semua orang marah-marah katanya harga pada mahal," ucap Anas kepada Kompas.com di sela-sela sidaknya.

Ia mengatakan, salah satu penyebab turunnya harga kebutuhan pangan, karena pemerintah pusat melakukan intervensi kepada pedagang-pedagang besar, serta kebijakan sinergi antara pusat dan daerah sehingga pasokan bahan makanan tidak berkurang.

"Kebijakan stabilisasi, termasuk menyelesaikan spekulasi dan penimbunan, dan itu disampaikan lewat pemberitaan media, sehingga ekspektasi publik terjaga. Jadi perilaku membeli barang menjadi normal, hasilnya ya harga bisa stabil,” kata Anas.

Dari sidak tersebut, Anas mengatakan kenaikan harga terjadi pada daging ayam yaitu dari Rp 30.000 menjadi Rp 32.000, sedangkan daging sapi harga normal di kisaran Rp 110.000 rupiah per kilogram. Sedangkan harga bawang merah dan bawah putih turun antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, setiap masuk Ramdhan, harga kebutuhan pokok melonjak drastis.

"Kalau ayam dan daging kan dipotong hari ini dikonsumsi hari ini dan tidak semua orang mengonsumsi. Tapi kalau bawang sudah naik harganya pasti berdampak pada semuanya. Masakan jadi enggak sedap," tambahnya.

Meski harga cenderung stabil, Anas tetap memerintahkan stafnya untuk terus fokus agar tak ada lonjakan harga. Setiap hari ia meminta agar harga-harga dari masing-masing pasar yang ada di Banyuwangi bisa di kirim melalui grup WA atau sms center serta dipampang di vidiotrone yang ada di beberapa titik pusat keramaian sehingga bisa diakses oleh banyak orang. 

Baca juga: Bupati Anas Ajak Anak Muda Kampanye #CeritakanPrestasimu di Medsos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com