Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Masih Hitung Peluang Maju di Jalur Independen

Kompas.com - 20/03/2017, 06:37 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berpeluang bakal maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Ridwan pun telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik. Kendati begitu, ia tetap memperhitungkan langkahnya untuk maju melalui jalur independen.

"Sedang dihitung juga. Karena masih simpang siur kalau ngumpulin KTP teh dua juta apa tiga juta masih belum jelas dan enggak bisa Bandung saja harus merata. Independen sikapnya bukan proses politiknya," ucap Ridwan Kamil.

Pria yang kerapa disapa Emil ini mengatakan, dirinya masih berharap bisa maju di Pilkada Jabar tanpa harus menjadi kader partai. Sama halnya seperti yang ia lakukan saat Pilkada Kota Bandung 2013.

(Baca juga: Ini Dua Kriteria Cawagub Jabar Pilihan Ridwan Kamil )

"Prinsip saya kalau bisa saya tidak masuk anggota partai. Karena saya melakukan itu saat jadi wali kota Bandung dan membuat posisi lebih diterima banyak pihak dan banyak warna. Dan kalau di Bandung saya melakukan itu kenapa tidak (untuk di Jabar). Buktinya di Bandung bisa," tuturnya.

Namun ia pun tak menutup kemungkinan jika nantinya ia diharuskan bergabung dengan salah satu partai jika tidak ada pilihan lain.

"Walaupun kalau memang tidak ada pilihan kan hidup harus memilih jadi bukan tidak mungkin juga saya masuk juga. Tapi opsi  pertama kalau bisa independen dulu," ungkapnya. 

Baca juga: Partai Nasdem Janji Dukung Ridwan Kamil Tanpa Mahar Politik

Kompas TV Maju Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Diarak Keliling Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com