Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Jaga Pesawat Raja Salman Diganti Setiap 6 Jam

Kompas.com - 05/03/2017, 15:45 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Perlakuan khusus diterapkan terhadap pesawat Raja Salman yang "menginap" di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Pesawat bertipe wide body (berbadan lebar) ini dijaga khusus tentara Arab Saudi berjumlah 3 orang per shift. Pergantian piket dilakukan setiap 6 jam sekali.

"Pesawat Raja Salman dijaga 3 orang petugas keamanan Arab, setiap 6 jam diganti," kata General Manager Area II PT Jasa Angkasa Semesta (JAS), Heri Lukmanto, Minggu (5/3/2017).

Petugas keamanan Arab Saudi tersebut berjaga-jaga di bawah pesawat. Selain petugas kerajaan Arab Saudi, sekuriti PT JAS dan petugas keamanan dari TNI Angkatan Udara juga disiagakan di sekitar pesawat Raja Salman.

Baca juga: "Begitu Raja Salman Masuk IPL, Eskalatornya Berfungsi Lagi"

Secara periodik, tim mekanik juga rutin memeriksa pesawat agar siap mengudara jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Saat ini pesawat dalam kondisi baik dan siap terbang," kata Heri.

Pesawat milik Raja Salman sendiri diparkir di stan B27. Sementara di stan 26 dan 28 dikosongkan.

Selaku ground handling yang menangani kedatangan rombongan Raja Salman, PT JAS menyiapkan pelayanan khusus, mulai dari jumlah personel dan peralatan. Bahkan ada peralatan khusus yang didatangkan dari Bandara Cengkareng, Tangerang.

Sementara untuk personel, PT JAS mengerahkan 200 orang petugas.

"Jumlah anggota rombongan kan besar, kami siapkan 200 orang khusus untuk menangani kedatangan Raja Salman. Mulai dari urusan kargo, melayani penumpang kru, flight coordinator dan urusan-urusan lain," ucap Heri.

Kompas TV Rombongan jumbo Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, telah tiba di Bali sejak sabtu kemarin. Polres Gianyar, pagi tadi melakukan sterilisasi jalur wisata Ubud agar tak macet saat dilintasi rombongan. Sterilisasi jalur dilakukan dengan memasang cone beton dengan tiang pipa/ dan tali di sepanjang jalur depan pasar dan puri ubud.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com