Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan Resmikan Pusdiklat Bela Negara di Bogor

Kompas.com - 28/02/2017, 15:53 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan) di Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Selasa (28/2/2017).

Ryamizard mengatakan, dibangunnya Pusdiklat Bela Negara ini diharapkan pembinaan kesadaran bela negara dapat dikembangkan secara lebih terpadu, sinergis, dan komprehensif sebagaimana program Nawa Cita.

"Ini menandakan telah terpenuhinya pembangunan berbagai infrastruktur dan sarana prasarana untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam menumbuhkan kesadaran bela negara," ucap Ryamizard.

Dirinya menambahkan, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bela negara sejalan dengan tujuan pertahanan negara, yakni terwujudnya warga negara Indonesia yang memiliki kesadaran bela negara.

"Saya harap ini menjadi pusat unggulan melakukan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia yang profesional dan memiliki keterampilan bela negara," ungkapnya.

Pusdiklat Bela Negara dibangun sejak tahun 2014 seluas 21,33 hektare dengan berbagai fasilitas meliputi kantor, mess, lapangan, aula, montenering, poliklinik, masjid, rumah dinas, rumah makan dan dapur.

Sebelum diresmikan, Pusdiklat Bela Negara ini telah dimanfaatkan oleh Kementerian Pertahanan untuk menyelenggarakan sejumlah kegiatan Diklat Pembentukan Kader Bela Negara bagi aparatur di lingkungan kementrian dan lembaga, mahasiswa, dan organisasi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com