Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Lima Daerah di Aceh Waspadai Angin Kencang

Kompas.com - 24/02/2017, 12:12 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kantor Lhokseumawe mengimbau masyarakat di lima kabupaten/kota di Aceh mewaspadai angin kencang dan hujan deras tiga hari ke depan.

Kelima daerah itu yakni Aceh Timur, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bireun dan Pidie Jaya.

Prakirawan BMKG Lhokseumawe, Kharendra Muiz kepada Kompas.com, Jumat (24/2/2017), menyebutkan angin kencang dan hujan deras itu berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan.

“Kondisi angin kencang dan hujan deras itu karena kondisi atmosfer terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan yang menyebabkan wilayah Aceh cenderung dalam kondisi yang cukup basah,” sebut Kharendra.

Dia menyebutkan, munculnya area sirkulasi tertutup di perairan barat Aceh dan pertemuan massa udara sepanjang Langsa hingga Pidie Jaya mengakibatkan kondisi udara menjadi tidak stabil, sehingga berpotensi terjadi hujan sedang hingga hujan lebat yang dapat disertai petir serta angin kencang.

“Kondisi tersebut didukung dengan kuatnya monsun Asia dan cukup hangatnya suhu muka laut perairan Aceh yang menyebabkan wilayah udara basah terkonsentrasi di sekitar pesisir timur, utara dan barat Aceh,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com