Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar: Bukan Kurang Sosialisasi, Minat Warga Bekasi yang Rendah

Kompas.com - 16/02/2017, 17:39 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menilai antusiasme masyarakat Kabupaten Bekasi dalam PIlkada Bekasi, Rabu (15/2/2017), cenderung rendah.

Menurut dia, hal ini perlu ditelusuri sehingga pada Pilkada serempak mendatang, masyarakat mau menyempatkan waktu untuk menggunakan hak pilihnya.

"Tingkat partisipasi kemungkinan di bawah 60 persen, itu berdasarkan pemantauan terhadap tiga tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah setempat," ujar Deddy di Bekasi pada Kamis (16/2/2017).

Deddy menduga, rendahnya tingkat partisipasi dikarenakan ‎saat hari pencoblosan diliburkan pemerintah sehingga warga lebih memilih liburan. Padahal, lanjut dia, apabila tidak diliburkan, alasannya sibuk bekerja.

"Karena diliburkan itu makanya warga banyak yang liburan, tapi kalau tidak diliburkan alasannya sibuk bekerja," kata Deddy.

"Atau jangan-jangan kurangnya minat karena merasa tidak ada pengaruhnya dalam Pilkada ini," tambahnya.

Deddy juga menyangsikan, target partisipasi masyarakat sebesar 77,5 persen juga tidak akan tercapai.

"Sebetulnya bukan karena sosialiasinya yang kurang, tapi lebih kepada minat masyarakat yang tidak maksimal," tuturnya.

Komisioner KPU Jawa Barat, Ferdiman menambahkan Kabupaten Bekasi merupakan daerah yang berada dalam posisi terendah dalam setiap Pilkada di Jawa Barat.

Penyebabnya, kata dia, karena Kabupaten Bekasi terdiri dari masyarakat sub urban, yang artinya masyarakat perkotaan dan pedesaan.

"Sejak dulu partisipasi di Bekasi selalu rendah. Kaum urban lebih banyak tinggal di Bekasi tapi kerja di Jakarta sehingga fokus informasi mereka lebih ke Jakarta," kata Ferdiman.

Berita ini telah tayang di Warta Kota, Kamis 16/2/2017), dengan judul: Deddy Mizwar Sebut Warga Bekasi Lebih Pilih Liburan daripada Gunakan Hak Suara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com