Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet PON-Peparnas Terima Dana "Kadeudeuh" Rp 238 Miliar

Kompas.com - 09/02/2017, 13:31 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 1.816 atlet, pelatih, dan tim ofisial Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Peparnas XV mendapatkan dana "kadeudeuh" atau hadiah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Penghargaan berupa piagam dan uang kadeudeuh sebesar total Rp 238 miliar diberikan langsung ke rekening bank masing-masing kepada 1.514 atlet, pelatih, dan ofisial PON, serta 302 atlet, pelatih, dan ofisial Peparnas," ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rilisnya, Kamis (9/2/2017).

Lelaki yang biasa disapa Aher ini mengatakan, penghargaan diserahkan secara simbolis kepada 12 atlet dan pelatih. Pemberian penghargaan ini pun dilakukan serentak. Adapun yang berhak mendapatkan penghargaan adalah peraih medali, pelatih, ofisial, termasuk semua atlet yang tidak mendapatkan medali juga diberikan penghargaan.

Uang kadeudeuh telah diterima oleh semua kontingen Jabar pada hari itu juga karena langsung ditransfer oleh BJB ke rekening masing-masing.

Total untuk kontingen Jabar di PON XIX berjumlah Rp 164 miliar lebih dan untuk Peparnas berjumlah Rp 74 miliar.

Aher menjelaskan, pihaknya baru bisa memberikan penghargaan pada bulan ini karena tidak memungkinkan bila diberikan pada tahun 2016 dengan jumlah yang tidak sedikit.

"Kami kan meraih medalinya banyak, jadi dana yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit, 213 emas di PON dan 178 emas di Peparnas. Kami ingin membagikan seluruhnya, maka baru kami bagikan hari ini," tuturnya.

Selain untuk kontingen Jabar, penghargaan juga diterima oleh 16 bupati dan wali kota sebagai daerah penyelenggara pertandingan PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com