Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Entaskan Warga Miskin, Ridwan Kamil Kembangkan "Family for Family"

Kompas.com - 23/01/2017, 14:08 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengembangkan konsep pengentasan warga miskin dengan keterlibatan masyarakat melalui program "Family for Family".

Pria yang kerap disapa Emil itu menuturkan, Family for Family atau keluarga asuh adalah program satu keluarga mapan mengasuh minimal satu keluarga pra-sejahtera.

"Tahun 2017 ini, salah satu fokus Pemkot adalah mengentaskan (masyarakat) miskin dengan jalur cepat. Salah satunya yang sudah kami siapkan selain anggaran dari pemerintah adalah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi. Caranya itu adalah mencari keluarga asuh. Jadi, Family for Family itu artinya satu keluarga mapan mengasuh satu keluarga yang miskin atau pra-sejahtera," ucap Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (23/1/2017).

Tiap keluarga mapan yang ingin terlibat bisa melakukan registrasi melalui sebuah platform digital yang nanti disediakan oleh Pemkot Bandung. Di aplikasi itu akan tercantum profil para keluarga miskin hasil verifikasi tim.

Setelah teregistrasi, keluarga yang ingin membantu bisa memilih keluarga tak mampu sesuai dengan kemampuannya.

"Jadi, si keluarga mapan bisa pilih 'menu', saya senangnya yang ini karena dekat rumahnya atau faktor apanya. Inilah kecanggihan dunia digital digabungkan dengan masalah sosial dipakai untuk mengentaskan (warga) miskin, mendukung kolaborasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah," tuturnya.

Emil mengatakan, jika tak ada kendala, program tersebut akan diluncurkan pada akhir Februari 2017.

"Mungkin akhir Februari kami mulai. Targetnya 60.000 (keluarga) penerima bantuan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com