Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhimpunan Kebun Binatang Nyatakan Beruang Madu di KBB Sehat

Kompas.com - 21/01/2017, 19:26 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekjen Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) Tony Sumampau menyatakan bahwa beruang madu di Kebun Binatang Bandung dalam kondisi sehat.

Demikian pula beruang bernama Kardit yang berusia 25 tahun. Beruang ini sempat menjadi sorotan publik karena tubuhnya kurus dan tulang iga terlihat jelas.

Tony menuturkan, Kardit memang sempat mengidap penyakit cacingan saat diperiksa pasca-kematian gajah Yani pada Mei 2016. Setelah mendapat perawatan, Kardit dinyatakan sembuh tiga bulan kemudian.

"Sejak Agustus 2016 itu boleh dikatakan sudah bersih dari penyakit parasit," ujar Tony seusai menggelar rapat bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Sabtu (21/1/2017) sore.

Kendati sudah dinyatakan sembuh, bobot Kardit masih terlihat kurus jika dibandingkan dengan 10 ekor koleksi beruang madu milik KBB. Menurut Tony, berat badan tak bisa menjadi acuan hewan itu sakit.

"Untuk melihat sehat satwa atau tidak, bukan melihat dari tubuh (bobot). Apalagi dia sudah cukup tua," ucapnya.

Polemik soal beruang madu yang terlihat kurus dan kelaparan ini muncul setelah Yayasan Scorpion Indonesia mengunggah video beruang madu di KBB melalui Youtube pada 10 Januari 2017.

Sudaryo dari Humas Yayasan Margasatwa Tamansari mengatakan bahwa temuan beruang madu kelaparan itu pernah terjadi pada 2016. Namun, saat ini kondisi satwa tersebut telah sehat.

(Baca juga Pengelola Kebun Binatang Bandung Nyatakan Beruangnya Sehat)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com