Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Akan Resmikan "Flyover" Antapani

Kompas.com - 05/01/2017, 18:10 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akan meresmikan jembatan layang (flyover) di Jalan Antapani. Kepastian itu didapat setelah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dihubungi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimuljono, Kamis (5/1/2017).

"Saya dapat kabar dari Pak Menteri, Pak Wapres mau datang untuk meresmikan flyover Antapani Kota Bandung," ucap pria yang kerap disapa Emil tersebut di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum.

Emil menjelaskan, peresmian flyover sepanjang 44 meter itu direncanakan digelar pada bulan ini.

"Minggu kedua atau minggu ketiga bulan Januari, (Wapres) akan meresmikan Jembatan Pelangi," ungkapnya.

Keberhasilan pembangunan flyover Antapani menyedot perhatian pemerintah pusat karena menjadi jembatan layang yang menjadi contoh penerapan teknologi struktur baja bergelombang dan mortar busa.

Setelah sukses membangun flyover Antapani, Emil mengaku akan kembali meminta Kementerian PUPR untuk membangun sejumlah jalan layang di Bandung. Salah satunya di kawasan Cibiru, Bandung.

"Saya minta dua atau tiga (jembatan layang) lagi, tetapi saya belum cek lagi mana yang urgent. Nah itu (Cibiru) mau saya negosiasi karena itu jalan pusat ya. Saya sedang cek kesiapannya kalau gambarnya sudah ada, kami menyumbang gambar DED," tuturnya.

Saat ini, lanjut Emil, dia masih terus melobi pemerintah pusat agar mau mengucurkan anggaran untuk membangun jembatan layang di Bandung, khususnya di ruas jalan yang berstatus nasional.

"Kadang-kadang di republik ini orang itu harus melobi, jadi rezeki itu harus dijemput enggak bisa ditunggu. Jadi, kadang-kadang bagaimana pintar-pintarnya kita melobi. Makanya, saya akan terus melobi sampai jalan nasional pun yang punya dampak ke Kota Bandung bisa diwujudkan lewat dana APBN," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com