Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Flyover" Antapani Resmi Dibuka pada Malam Tahun Baru 2017

Kompas.com - 28/12/2016, 21:31 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, jembatan layang (flyover) Antapani akan resmi dibuka pada saat malam Tahun Baru 2017, Sabtu (31/12/2016).

Hal itu dikatakan Ridwan seusai menghadiri peluncuran akta kelahiran braile dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (28/12/2016).

"Flyover lagi testing aja, nanti dibuka permanen hari Sabtu. Hari ini cuma ngetes saja buka resmi hari Sabtu," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Tadi pagi, kata Emil, Dinas Perhubungan bersama aparat kepolisian telah melakukan uji coba perdana untuk mengecek pola lalu lintas di jembatan sepanjang 400 meter itu.

"Karena sedang dites pola lalu lintasnya, diharapkan Sabtu tahun baruan, selamat tahun baru di Antapani," ujarnya.

Baca juga: Uji Coba "Flyover" Antapani, Warga Bandung Masih Bingung

Emil mengatakan, jembatan layang Antapani punya penampilan cukup menarik. Seluruh tembok jembatan layang penuh dengan mural karya seniman asal Bandung, John Martono.

"Karena unik, jadi desainnya tidak seragam dengan yang lain, spesial hanya untuk Antapani. Muralnya oleh John Martono, pelukis abstrak Bandung," ungkapnya.

Pembangunan jembatan layang Antapani dibuat untuk memecah kemacetan di persimpangan sebidang Antapani, tepatnya di Jalan Jakarta.

Jembatan layang Antapani merupakan proyek percontohan hasil inovasi dari Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jembatan layang yang menelan anggaran Rp 33,5 miliar itu menggunakan teknologi struktur baja bergelombang dengan kombinasi mortar busa.

Teknoloi ini memiliki keunggulan, yakni proses konstruksi yang lebih cepat sekitar 50 persen dibandingkan pembangunan dengan struktur beton bertulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com