Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba "Flyover" Antapani, Warga Bandung Masih Bingung

Kompas.com - 28/12/2016, 09:13 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Personel gabungan Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Satuan Lantas Polrestabes Bandung melakukan ujicoba pertama Flyover Warna-warni, Jalan Terusan Jakarta, Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat Rabu (28/12/2016).  Ujicoba dilakukan hanya dua jam mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.

"Uji coba ini belum 100 persen kondisi operasional karena terowongan belum bisa digunakan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi saat ditemui di lokasi uji coba, Rabu pagi. 

Dia mengatakan, sebagian warga pengguna jalan masih terlihat ragu-ragu melintas di terowongan bawah flyover khususnya dari arah Ibrahim Adjie (Kiaracondong) menuju Jalan Ahmad Yani  (Cicadas) yang diuji coba menjadi dua arah.

"Masih pada bingung, ragu-ragu, dua arah atau tidak waktu disuruh lurus ke sana (Cicadas)," ungkapnya. 

Meski demikian, uji coba jembatan layang tersebut dikatakan Didi cukup berhasil.  

"Dari atas relatif selesai tidak ada hambatan atau handicap. Hanya dari Kiaracondong ada botlleneck  dari 3 lajur menjadi 1 lajur," paparnya. 

Pantauan Kompas.com, di atas flyover terdapat dua lajur dari dan menuju Antapani.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono mengakui, uji coba tersebut berhasil mengurai kepadatan di Jalan Terusan Jakarta Antapani yang akan menuju Jalan Jakarta dan Ahmad Yani.

Sebelum ada flyover warna-warni, kepadatan kendaraan di Jalan Terusan Jakarta memang kerap terjadi pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB.

"Terpantau di Antapani kepadatan kendaraan bisa terkuras. Biasanya di Antapani kemacetan terjadi jam segini," ujar Asep. 

Dia mengatakan, arus lalu lintas pada saat uji coba di dominasi kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi yang akan berangkat kerja. Dia berharap pada saat musim liburan sekolah habis flyover Antapani bisa maksimal digunakan.

"Ini belum masuk anak-anak sekolah. Kalau sudah jadi semua sebelum anak-anak sekolah masuk kita sudah bisa melakukan rekayasa jalan?" ucapnya.

Asep menambahkan, uji coba jembatan layang warna-warni rencananya akan dilakukan kembali, Kamis (29/12/2016).

"Besok rencananya uji coba satu hari penuh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com