Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45.329 Warga Aceh Masih Mengungsi

Kompas.com - 10/12/2016, 14:08 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hari keempat pasca-bencana gempa, jumlah warga Aceh yang mengungsi mencapai 45.329 jiwa.

"Jumlah pengungsi mengalami penambahan, penambahan ini karena pendataannya lebih baik, dan pendataan masih terus dilakukan," ujar Sutopo di BNPB, Jakarta, Sabtu (10/12/2016).

Adapun rinciannya, sebanyak 43.613 orang berada di Kabupaten Pidie Jaya. Sedangkan 1.716 orang di Kabupaten Bireuen. 

Baca juga: Hari Keempat Pasca-gempa Aceh, 101 Orang Meninggal Dunia

Sutopo menambahkan, data pengungsi ini sangat dinamis. Pada malam hari angka pengungsi bertambah karena mereka beristirahat di tenda pengungsian. Sedangkan sejak pagi hingga sore hari, jumlah pengungsi menurun karena mereka kembali ke rumahnya masing-masing untuk beres-beres.

"Melakukan pembersihan, dan ada juga yang melajukan aktivitas sehari-hari. Sehingga, pada siang hari di pos-pos pengugsian tidak seperti jumlah pada malam hari," kata dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 6,5 di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016, pukul 05.36 WIB.

Pusat gempa bumi terletak di 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Kompas TV Penjualan Tiket Final Leg Pertama Piala AFF 2016 Akan Didonasikan Untuk Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com